DPMD Sumenep Dorong Pemdes Hadirkan Desa Wisata

oleh -112 Dilihat
Foto: Tampak depan kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep

SUMENEP, Jumat (29/04/2022) suaraindonesia-news.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, Madura, Jawa Timur, mendorong pemerintah desa (pemdes) hadirkan desa wisata.

Kepala DPMD Sumenep Anwar Syahroni Yusuf mengatakan, pemdes harus memiliki inovasi melalui potensi desa yang ada, sehingga bisa membuat desanya berkembang dan maju.

Misalnya, kata dia, pemdes menghadirkan alternatif desa wisata yang menawarkan pengalaman (experience) yang unik bagi wisatawan melalui produk lokal, atraksi daerah, keindahan alam, budaya maupun kearifan lokal.

“Kami sangat mendorong pemdes yang ada di Sumenep untuk berkreasi dan berinovasi, baik melalui potensi desanya ataupun yang lainnya,” ujar Anwar pada media ini. Jumat, 29 April 2022.

Pihaknya pun mencotohkan seperti desa Aeng Tong-tong yang saat ini yang masuk dalam daftar 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

“Desa Aeng Tong-tong yang dikenal khalayak umum dengan wisata desa keris, patut menjadi contoh bagi pemdes yang ada di Sumenep,” sebutnya.

Ke depan, mantan Sekretaris KPU Sumenep itu berharap pemerintah desa bisa mengembangkan potensi desanya melalui anggaran dana desa (ADD) maupun dana desa (DD) yang ada.

“Kita optimis dengan potensi-potensi yang ada, tidak ada lagi desa di Kabupaten Sumenep dengan kategori desa tertinggal,” tukasnya.

Reporter : Sya
Editor : Redaksi
Publisher : Ipul

Tinggalkan Balasan