Ditengah Pandemi Covid-19, ‘Fokusmaker Mengajar’ Terbentuk di Kecamatan Galang

oleh -190 views
Ketua Fokusmaker Deli Serdang Ade Darma Putra Hutasuhut beserta rombongan pengurus ketika melihat dan membagikan masker kepada mahasiswa Fokusmaker Galang, Sabtu (12/09/2020). (Foto: M. Habil Syah/SI).

DELI SERDANG, Minggu (13/09/2020) suaraindonesia-news.com – Wabah pandemi Covid-19 hingga kini masih menyebar hampir di seluruh dunia, begitu juga di negara Indonesia. Dampak yang diakibatkan dari virus Covid-19 ini sangat berpengaruh terhadap masyarakat, baik itu dari sektor ekonomi, kesehatan terutama, hingga dunia pendidikan.

Terkait dunia pendidikan di Indonesia pemerintah membuat peraturan pembelajaran secara daring. Namun masyarakat di Indonesia dengan perkembangan zaman masih banyak didapati ketidakpahaman bahkan belum memiliki alat yang digunakan untuk metode daring tersebut, pasalnya alat yang digunakan adalah sebuah handphone yang berjenis android, dengan menggunakan alat tersebut masyarakat dunia pendidikan baru bisa mengikuti metode daring, namun tentunya dengan mengupayakan alat tersebut orang tua siswa harus mengeluarkan biaya lagi dan itu belum termasuk biaya untuk pembelian paket data guna mendapatkan jaringan internet hingga para masyarakat dunia pendidikan dalam hal ini adalah siswa, mereka baru bisa mengikuti mata pelajaran lewat daring, sementara efek pandemi Covid-19 ekonomi masyarakat sangat berdampak untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat pada umumnya.

Guna membantu masyarakat dalam hal pendidikan di masa pandemi ini, sekumpulan mahasiswa yang tergabung dalam wadah Organisasi Fokusmaker (Forum Komunikasi Study Mahasiswa Kekaryaan) Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang propinsi Sumatera Utara menggelar kegiatan yang bernama “Fokusmaker Mengajar”.

Metode dalam kegiatan tersebut, mahasiswa-mahasiswa yang tergabung di Organisasi Fokusmaker tersebut melakukan pengajaran kepada anak- anak yang masih bersekolah tingkat Taman Kanak-kanak dan yang bersekolah dasar dari kelas satu hingga kelas Enam Sekolah Dasar dengan menjembatani dan mencari solusi untuk pengganti belajar sacara daring saat pandemi seperti saat ini.

Ide kreatifitas dengan membentuk satu langkah kegiatan yang bertajuk “Fokusmaker Mengajar”, karena banyaknya keluhan masyarakat mengenai belajar daring (belajar online dari rumah), karena tidak semua masyarakat paham akan belajar daring, masih banyak yang buta akan tekhnologi.

Ketua Fokusmaker Galang Dicky Renaldi mengatakan, “Fokusmaker Mengajar” pertama dibuat di Desa Tanjung Gusti, Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang Sabtu (12/09).

“Secara tidak langsung kita para mahasiswa yang dituntut untuk menerapkan Tri Darma perguruan tinggi dengan menjalankan kegiatan pengabdian masyarakat.
Dan kami berharap Fokusmaker Mengajar ini tidak hanya ada di Fokusmaker Kecamatan Galang saja, tapi juga ada di Fokusmaker kecamatan lain,” ucapnya kepada wartawan.

Mahasiswa yang menjadikan dirinya pengajar selain Dicky Renaldi, juga ada sekretaris Renna Maya Ratih, dan Guntur Andika yang sebagai Bendahara serta 12 rekan-rekan lainnya di Fokusmaker Galang.

Dicky juga menambahkan, kegiatan ini juga atas support penuh dari Bakorcab (Badan Koordinasi Cabang) Fokusmaker Deli Serdang.
Dimana saat hari pertama kegiatan itu dihadiri langsung Ketua Bakorcab Fokusmaker Deli Serdang Darma Ade Putra Hutasuhut beserta Rombongan pengurus.

Terpisah Ketua Bakorcab Fokusmaker Deli Serdang, Darma Ade Putra Hutasuhut ketika dijumpai di kantornya Jalan Limau Manis Pasar 13 Tanjung Morawa, Minggu, (13/09) mengatakan.

“Kegiatan Fokusmaker mengajar ini adalah sesuatu hal yang sangat baik dilakukan ditengah-tengah Pandemi Covid-19 saat ini, dengan tidak menyurutkan semangat bagi Fokusmaker Galang untuk langsung turun ke masyarakat melaksanakan kegiatan mengajar anak-anak di Desa Tanjung Gusti Kecamatan Galang, tetap menjalankan Protokoler Kesehatan, maka semalam kita ada mendonasikan sedikit masker guna anak-anak dan mahasiswa disana menjalankan protokol kesehatannya,” terangnya.

Ia juga mengatakan, bahwa ini adalah momentum yang baik untuk membantu kinerja Pemkab Deli Serdang dalam upaya meningkatkan minat belajar dan ilmu pengetahuan anak-anak sekolah dasar dalam kondisi Pandemi Covid-19, karena sama-sama kita ketahui masa sekarang memiliki keterbatasan waktu dan ruang gerak secara bebas, Fokusmaker Galang berbuat kemasyarakat hal yang sangat bermanfaat dan menjadi sejarah baru di Kecamatan Galang.

“Kehadiran Fokusmaker mengajar ini semoga kedepannya menjadikan Roll model kegiatan Fokusmaker di kecamatan sekabupaten Deli Serdang, langkah kami mencerdaskan anak-anak Indonesia dalam kegiatan Fokusmaker Mengajar dan mensosialisasikan Perbup No 77 Tahun 2020 kepada adik-adik Sekolah Dasar,”, tutupnya.

Reporter : M. Habil Syah
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *