Dinas Pertanian Mamasa Janji Optimalkan Produksi Jagung

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mamasa, Ir Mambu MT.

MAMASA, Kamis (14/03/2019) Suaraindonesia-news.com — Pemerintah Kabupaten Mamasa melalui Dinas Pertanian dan Holtikultural berjanji akan menjadikan Mamasa sebagai produksi jagung terbanyak hingga para peternak tidak lagi keluar daerah untuk membeli pakan.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultural Kabupaten Mamasa Ir. Mambu MT saat dijumpai diruang kerjanya, Kamis (14/03/2019).

Menurut Mambu, untuk Kabupaten Mamasa saat ini tak sedikit petani jagung lokal di beberpa Kecamatan yang telah berhasil. Olehnya itu pihaknya akan terus menggenjot para petani kedepan agar menjadi inspirasi bagi masyarakat yang belum memulai.

“Apalagi di Daerah kita ini suda banyak yang mengembangkan ternak ayam petelur, jadi nantinya itu mereka tidak akan Jauh-jauh lagu beli pakan,” terang Mambu.

Ia menyebutkan jumlah Kecamatan yang saat ini tengah mengembangkan produksi jagung lokal di Kabupaten Mamasa diantaranya; Kecamatan Tabulahan, Kecamatan Aralle, Kecamatan Mehalaan, Kecamatan Sumarorong, Kecamatan Messawa dan Kecamatan Balla.

Beberapa Kecamatan tersebut telah menghasilkan jagung lokal yang jumlahnya tidak sedikit, dan terus-menerus digenjot di tiap-tiap Desanya.

“Selama ini para peternak membeli pakan dari Kabupaten tetangga, salah satunya Kabupaten Pinrang dan juga Kabupaten Mamuju, namun sekarang suda mulai mereka tidak keluar lagi, tapi menggunakan pakan jagung lokal,” katanya.

Kata Mambu, untuk tahun ini pihaknya telah mengusulkan mesin pemipil jagung untuk diberikan kepada masyarakat agar lebih bersemangat lagi dalam mengembangkan komoditi jagung di Kabupaten Mamasa.

“Kita target tahun depan beberapa desa di Kecamatan akan difasilitasi dengan mesin pemipil jagung, tapi secara bertahap, kemungkinan besar tidak bisa sekaligus karena persoalan anggaran, yang pasti kita upayakan,” pungkasnya.

Selain petani jagung akan diberikan mesin pemipil, Dinas Pertanian juga akan memberikan bibit dan juga pupuk kepada petani jagung di tiap-tiap Desa yang ada di Kecamatan melalui kelompok tani.

Reporter : Bung Wahyu
Editor : Agira
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here