Dihantam Ombak Besar, Perahu Nelayan Di Situbondo Hancur

oleh -38 views
Beginilah kondisi perahu yang hancur dihantam ombak (Ist).

SITUBONDO, Sabtu (30/1/2021) suaraindonesia-news.com – Akibat cuaca ekstrim yang disertai angin kencang, di perairan pantai Desa Pesisir Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo Jawa Timur terjadi gelombang rob.

Meski tidak menimbulkan korban jiwa maupun korban terluka, gelombang rob yang terjadi pada Jum’at (29/1) malam sekitar pukul 21.30 WIB itu menyebabkan sejumlah rumah warga tergenang air.

Dusun Lesanan Lor ada 30 rumah, Lesanan Kidul 18 rumah, Mandaran Blok Karang Tambak 10 rumah dan Dusun Gudang ada 4 rumah digenangi air yang mencapai setinggi 30 hingga 60 centimeter.

Tak hanya menggenangi sekitar 62 rumah milik warga yang tersebar di empat dusun tersebut, terjangan ombak besar itu juga menyebabkan dua perahu milik nelayan mengalami kerusakan.

Yang terparah dialami perahu milik Sipsarjo (40). Akibat hantaman ombak, perahu yang sebelumnya ditambatkan di bibir pantai itu hancur dan rusak total. Sedang perahu milik Admin (50) mengalami rusak sedang.

Menurut koordinator pusat pengendalian operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo, Puriyono, selain terjadi di pantai Pesisir Kecamatan Besuki, gelombang rob pada saat itu juga terjadi di pantai wisata Pasir Putih Kecamatan Bungatan dan menyebabkan kerusakan tangkis laut di tiga titik.

“Gelombang rob terjadi di dua Kecamatan, yang di Besuki merusak dua perahu dan menggenangi puluhan rumah. Sedang yang di Kecamatan Bungatan merusak tangkis laut di tiga titik,” kata Puriyono Sabtu (30/1/2021).

Ia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap dan selalu waspada di musim penghujan.

Reporter : Ugik
Editor : Redaksi
Publiser : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *