Diduga Dicemarkan, PKB Akan Somasi Pemberitaan Fitnah

oleh -181 views
Ketua DPC PKB Kabupaten Lumajang saat diwawancarai sejumlah media.

LUMAJANG, Sabtu (25/1/2020) suaraindonesia-news.com – DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, akan melakukan somasi terhadap pemberitaan yang dianggap fitnah. Hal ini disampaikan Ketua DPC PKB Kabupaten Lumajang, H Anang Akhmad Syaifudin, di kantornya, Jumat (24/1) kemarin.

Menurutnya, penyebaran berita pada media cetak harian MT ini, dianggap menyebarkan berita hoax dan fitnah.

Bersama Sekretaris DPC PKB Kabupaten Lamajang, Eko Adis Prayoga, Anang, di hadapan sejumlah media cetak, elektronik, dan online, membacakan langsung isi somasinya, yaitu :

Sehubungan dengan pemberitaan media MT, tanggal 23 Januari 2009 dengan judul “Santer Isu Mesum Salah Satu Oknum Anggota DPRD Lumajang, Benarkah?, dimana dalam fragmen pemberitaan tersebut telah memberitakan hubungan perilaku amoral yang diduga dilakukan oleh satu kader Partai PKB yang diinisialisasikan dengan AZ, anggota dewan, bersama istri orang dari dapil 1, telah melakukan perbuatan tercela dengan menggunakan kalimat atau diksi “mesum” sebagai bentuk tegasi dengan objek locus hubungan kejadian dilakukan di salah satu hotel di Kabupaten Jember.

Dengan kata lain, bahwasanya pemberitaan ini akan menjadi ruang mengadili terhadap kader kami karena MT tidak mengedepankan prinsip-prinsip jurnalistik yang benar dan sangat bertentangan dengan undang-undang yang berlaku sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku, yaitu UU No 40 tahun 1999, peraturan dewan pers maupun asas hukum yaitu asas praduga tak bersalah.

Selanjutnya, pada halaman pemberitaan tersebut juga telah dimuat foto Ketua PKB Kabupaten Lumajang, Anang yang juga sekaligus sebagai Ketua DPRD Kabupaten Lumajang, dimana MT tanpa izin memuat foto Ketua partai dalam kolom pemberitaan yang dimaksud.

Karena bagi publik pembaca “klasifikasi awam” yang hanya  membaca judul dan gambar semata, secara otomatis akan menciptakan asumsi publik yang menyesatkan. Dengan kata lain, bahwa pelakunya adalah sesuai dengan foto tersebut, apalagi disandingkan dengan foto seorang pengacara sehingga memperkuat persepsi masyarakat, bahwa sudah atau sedang berurusan dengan hukum.

Setelah melalui kualifikasi di internal partai dan dilakukannya kajian pemberitaan yang dimaksud berkesimpulan sebagai berikut :

1. Bahwa pemberitaan yang dimuat cetak oleh redaksi berita MT merupakan pemberitaan bohong (hoax), menyesatkan, sehingga menimbulkan fitnah dan pencemaran terhadap DPC PKB maupun kader partai PKB.

2. Bahwa pemberitaan tersebut  telah menciptakan komunikasi propaganda, provokatif, dan penggiringan opini terhadap masyarakat sehingga sangat merugikan DPC PKB beserta kader partai PKB. Sehingga kami partai PKB sangat dirugikan, baik secara hukum maupun  imaterial.

Tuntutan : 1. Bahwa kami DPC PKB meminta MT segera meminta maaf yang ditujukan kepada DPC PKB Kabupaten Lumajang beserta kader PKB seluruh Kabupaten Lumajang dengan cara dimuat di halaman pertama media yang kami tunjuk selama 1 minggu berturut-turut. (Ada 4 media yang disebutkan).

2. Bahwa kami DPC PKB meminta kepada MT menarik kembali berita tersebut.

3. Membuat surat pernyataan yang surat permohonan maaf bermaterai yang ditujukan kepada DPC PKB Kabupaten Lumajang.

4. Bahwa kami DPC PKB meminta kepada MT untuk mendatangi rumah-rumah di sekitar korban Desa Petahunan dengan menyatakan surat permohonan maaf bermaterai kepada masyarakat setempat.

5. Bahwa apabila MT dalam waktu 3 kali 24 jam sejak dibacakan surat somasi ini dan apabila tidak melakukan apa yang kami minta, maka kami melalui kuasa hukum kami akan melakukan langkah dan upaya hukum sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Surat somasi ini ditandatangani oleh Ketua DPC PKB Lumajang  DPC dan Sekretarisnya, Eko Adis Prayoga. Hadir pula saat pembacaan somasi Bupati Lumajang, H. Thoriqul Haq, M.Si yang juga sebagai kader PKB serta pengacaranya, Ikbal, SH.

Sebelumnya, MT memuat berita soal dugaan perbuatan mesum yang dilakukan oleh AZ, anggota DPRD Kabupaten Lumajang dari PKB dengan istri orang berinisial EK. Berita ini yang akhirnya membuat jajaran PKB Lumajang meradang dan mensomasi MT.

Dikonfirmasi langsung saat rilis di Kantor DPC PKB Lumajang, AZ menyatakan semua yang ditulis MT tidak benar.

“Itu fitnah. Murni fitnah. Tidak pernah terjadi. Saya sangat dirugikan,” ujarnya.

AZ juga bersumpah atas nama Allah tidak melakukan apa yang dituduhkan di media MT.

“Demi Allah saya tidak melakukan apa yang dituduhkan oleh media itu. Itu fitnah,” tuturnya dengan suara lantang sambil mengangkat tangan kanannya ke atas.

Reporter : Fuad
Editor : Amin
Publiser : Oca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *