Dewanti Rumpoko Dukung KPK Cegah Korupsi

Walikota Batu Dewanti Rumpoko bersama Forkompinda mendukung penuh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam upaya mencegah korupsi.

KOTA BATU, Selasa (10/9/2019) suaraindonesia-news.com – Walikota Batu Dewanti Rumpoko mendukung penuh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam upaya mencegah korupsi, membangun semangat dan budaya antikorupsi di masyarakat, sekaligus mensosialisasikan program-program anti korupsi KPK kepada masyarakat.

“Kami berkomitmen dan niat tulus untuk menjalankan semangat anti korupsi dan perbaikan layanan publik yang telah dilakukan oleh KPK,” kata Dewanti saat ditemui usai membuka acara Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi “Roadshow Bus KPK” 2019 yang diselenggarakan oleh KPK di halaman Parkir Timur Balaikota Among Tani, Kota Batu, Selasa (10/9).

Menurutnya, Pembangunan zona integritas menuju Wilayah BebasKorupsi (WBK) Dan wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dilingkungan Pemkot Batu sudah dilakukannya yakni dengan menargetkan sebanyak 10 unit kerja sebagai rintisan WBK.

Diantaranya kata dia, adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispenduk Capil) Kota Batu, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Badan Keuangan Daerah, Inspektorat, Kecamatan Batu, Kecamatan Junrejo, Kecamatan Bumiaji dan Bagian Layanan Pengadaan Setda Batu.

Walikota Batu Dewanti Rumpoko dan Penasehat KPK Dr.Eng.Ir.Sarwono Sutikno menunjukkan kepada publik terkait Pembangunan zona integritas menuju Wilayah BebasKorupsi (WBK).

Lanjut dia, jauh sebelumnya Pemkot Batu sudah melakukan koordinasi, supervisi, pencegahan, pelaporan Laporan Harta kekayaan Pejabat negara (LHKPN) dan pencegahan gratifikasi dengan KPK. Ada juga kegiatan sosialisasi pencegahan pungli dengan oleh Kepolisian.

“Selain itu, jelajah negeri road show KPK dengan menggunakan bus sangatlah tepat karena Kegiatan ini bisa digunakan untuk pencegahan dini korupsi sejak usia sekolah. Bahkan Pemkot Batu sendiri sudah membuat Perwali pendidikan anti korupsi yang direalisasikan dalam setiap mata pelajaran,” beber Dewanti.

Sementara Penasehat KPK Dr.Eng.Ir.Sarwono Sutikno mengatakan bahwaroadshow KPK ini adalah dalam rangka membantu Pemkot Batu untuk meningkatkan pelayanan, PAD, dan tata kelola birokrasi agar lebih bermanfaat bagi kehidupan rakyat.

“Fokus kegiatan melalui bus KPK ini untuk pencegahan korupsi. Lebih tepatnya upaya preventif agar tidak terjadi korupsi di Pemkot Batu,” paparnya singkat.

Turut hadir dalam kegiatan ini selain Penasehat KPK RI Dr.Eng.Ir.Sarwono Sutikno dan walikota Batu Dewanti Rumpoko, juga hadir Kepala Korwil Jatim-Bali dan NTT KPK Asep Rachmat Suwanda, Kapolres Batu AKBP.Budi Hermanto, Kajari Batu Sri Heny Alamsari, Dandim 0818 Batu-Malang Letkol Inf Ferry Muzawwad.

Dan Ketua DPRD Batu Cahyo Edi Purnomo beserta Wakil Ketua dan Anggota DPRD Kota Batu, Kepala BPN Batu Andi Rapiudin,BPJS Ketenagakerjaan Batu, Pabung Kodim 0818 Batu-Malang Mayor Arm.Choirul Effendi, Sekda Batu Drs.Zadim Effisiensi beserta Staf Ahli, Kepala OPD, Camat, dan Lurah dilingkungan Pemkot Batu, serta para ASN Kota Batu dan pelajar SMA/MA/SMK se-Kota Batu.

Reporter : Adi Wiyono
Editor : Amin
Publisher : Marisa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here