Desainer Ternama Dan Puteri Indonesia Semarakkan Sumenep Batik Festival 2018

Sejumlah Bintang Tamu Sumenep Batik Festival On The Street Saat Foto Bersama

SUMENEP, Minggu (23/12/2018) suaraindonesia-news.com – Sumenep Batik Festival On The Street yang digelar di areal depan Labang Mesem Keraton Sumenep, Madura, Jawa Timur, Minggu (23/12/2018). Ikut dimeriahkan sejumlah bintang tamu bertaraf nasional dan internasional.

Sumenep Batik Festival On The Street yang mengangkat tema Batik Nusantara ini menghadirkan sejumlah bintang tamu, yakni, Leny Agustini (Desainer Internasional), Athan Siahaan (Desainer Nasional), Imam Mustafa (Desainer Jawa Timur asal Kabupaten Sumenep), Bunga Jelitha Ibrani (Puteri Indonesia 2017), Joe Ricard (Artis Nasional), dan Agung Soedi Poetra (Koreografer).

Diajang bergengsi tersebut, desainer Athan Siahaan dan Imam Mustafa, menyuguhkan karya-karya menarik dengan mengeksplorasi beragam motif batik baik lokal maupun nusantara seperti baju pesta dan seremonial.

“Sejatinya festival batik itu diadakan bukan sekedar untuk menampilkan batik atau pakaian batik yang digunakan para model dan peserta saja, melainkan sebagai upaya menggerakkan masyarakat mencintai batik sebagai pakaian sehari-hari guna menumbuhkan usaha pengrajin batik di Kabupaten Sumenep,” kata Wakil Bupati, Achmad Fauzi, SH, di sela-sela kegiatan Sumenep Batik Festival.

Wabup berharap, dengan hadirnya beberapa desainer, baik tingkat nasional, internasional dan artis nasional di festival batik itu, nantinya mampu mendorong pengrajin batik di Sumenep hingga semakin kreatif menciptakan motif baru yang menarik untuk mengembangkan usaha, sehingga mampu meningkatkan perekonomian di Sumenep.

“Yang jelas, pengrajin batik dalam membuat motif jangan sampai meninggalkan ciri khas batik lokal sebagai identitas bahwa batik itu adalah batik dari Kabupaten Sumenep. Jadi mempertahankan ciri khas sangat penting agar masyarakat tahu tentang batik asli Sumenep,” tutur politisi PDI-P itu.

Peserta Sumenep Batik Festival On The Street

Pengusaha muda sukses ini, mengaku optimis melalui kegiatan itu batik khas Sumenep juga mampu menembus pasar nasional dan internasional, sekaligus sebagai sarana mempromosikan potensi wisata yang ada di Bumi Sumekar kepada masyarakat luar daerah.

“Sumenep Batik Festival juga bagian upaya pemerintah daerah untuk menarik wisatawan berkunjung ke Kabupaten Sumenep, dan mempromosikan bahwa Batik Sumenep adalah batik berkelas, sebagai warisan budaya leluhur,” tutur suami Nia Kurnia ini.

Sementara itu Panitia Pelaksana Plt Kepala Dinas PU Bina Marga, Mohammad Jakfar menambahkan, peserta Sumenep Batik Festival bertema Batik Nusantara sebanyak 70 orang terdiri dari katagori A sebanyak 21 peserta, katagori B sebanyak 14 peserta, dan katagori A remaja putri sebanyak 21 peserta serta katagori A remaja putra sebanyak 12 peserta.

“Puluhan peserta Festival Batik Sumenep 2018 berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur yakni Surabaya, Malang, Pasuruan, Blitar, Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep,” pungkasnya.

Perlu diketahui Sumenep Batik Festival On The Street adalah rangkaian kegiatan Tahun Kunjungan Wisata atau Visit Sumenep 2018 yang diagendakan Pemerintah Kabupaten setempat.

Reporter : Ifa
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here