Departemen ESL- FEM – IPB University dengan PT. SMI Melalui Program PERKASA Serahkan Bantuan Kepada Desa Pasarean

oleh -70 views
Saat penyerahan bantuan secara simbolis.

BOGOR, Jumat (27/11/2020) suaraindonsia-news.com – Departemen ESL- FEM – IPB University dengan PT. Sarana Multi Infrastruktur (PT. SMI) melalui Program PERKASA serahkan bantuan kepada Desa Pasarean, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor untuk pengelolaan sampah masyarakat melalui bank sampah.

Kegiatan penyerahan bantuan yang dilaksanakan pada tanggal 27 November 2020 bertempat di kantor Desa Pasarean ini dihadiri oleh Camat Pamijahan, Ketua Departemen ESL, Dr. Ir. Ahyar Ismail, M.Agr, Sekretaris Departemen, Dr. Meti Ekayani, S.Hut, M.Sc, PLT Kepala Desa Pasarean, Muhamad Farid, S.AP. Hadir juga perwakilan dari PT. SMI, Dian Rufal selaku Team Leader CSR dan Komunikasi PT. SMI dan juga Eka Adhitya melalui aplikasi zoom.

Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri kepala dusun dan lembaga pemerintahan yang ada di wilayah Desa Pasarean. Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan oleh Ketua Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan Dr. Ir. Ahyar Ismail, M.Agr kepada PLT Kepala Desa Pasarean Muhamad Farid, S.AP.

PERKASA sendiri merupakan akronim dari Perempuan Kelola Sampah yang merupakan program yang digagas oleh Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan yang bekerjasama dengan PT. Sarana Multi Infrastruktur yang merupakan BUMN yang sangat konsern pada peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan infrastruktur demikian disampaikan Sekretaris Departemen Dr. Meti Ekayani, S.Hut, M.Sc Sekretaris Departemen ESL – FEM – IPB University kepada wartawan.

Penyerahan bantuan ini disambut antusias oleh para warga desa. Pada kegiatan tersebut, diserahkan bangunan pojok kreasi, sekretariat bank sampah beserta fasilitas penunjangnya serta 1 buah kendaraan roda tiga sebagai bantuan untuk pengembangan aktivitas bank sampah yang telah berdiri di Desa tersebut agar Bank sampah yang ada di Desa Pasarean tetap dapat berjalan dan juga berkembang menjadi besar, dan menjadi contoh bagi masyarakat yang ingin membentuk bank sampah di daerahnya.

“Sebagai informasi, Bank Sampah yang ada di Desa Pasarean merupakan hasil inisiasi Departemen ESL – FEM – IPB University sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat,” tambahnya.

Pada kesempatan ini juga kata Dr. Meti dilakukan penandatanganan kelanjutan kerjasama antara Departemen ESL dengan Desa Pasarean sebagai Desa Mitra untuk kerberlanjutan program pengolahan sampah, sehingga ke depannya masyarakat dapat merasakan langsung dampak dari adanya bank sampah yang telah berdiri baik dari sisi perekonomian maupun untuk kelestarian lingkungan.

Selain itu, Desa Pasarean sebagai Desa Mitra, masyarakat bersama dengan Departemen ESL bersama-sama berupaya memajukan kehidupan di desa, baik dari aspek ekonomi, sosial dan lingkungan, termasuk program bank sampah.

Menurutnya, PERKASA sendiri merupakan akronim dari Perempuan Kelola Sampah yang merupakan program yang digagas oleh Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan yang bekerjasama dengan PT. SMI yang merupakan BUMN yang sangat konsern pada peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan infrastruktur demikian disampaikan Sekretaris Departemen Dr. Meti Ekayani, S.Hut, M.Sc Sekretaris Departemen ESL – FEM – IPB University kepada wartawan.

Dian Rufal selaku Team Leader CSR & Komunikasi PT SMI menyampaikan bahwa program pengelolaan dan pemanfaatan sampah merupakan suatu upaya yang sangat baik, karena selain mengurangi dampak negatif dari aktivitas produksi dan konsumsi rumahtangga terhadap lingkungan, juga dapat memberikan nilai ekonomi tambahan dari kreasi produk olahan sampah yang dihasilkan oleh kelompok ibu-ibu.

Melalui sambutannya, Camat Pamijahan, Drs. Imam Mahmudi, M.Si menyambut baik kegiatan pengolahan sampah menjadi barang yang dapat bernilai ekonomis, selain karena membantu untuk membuat lingkungan menjadi bersih, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang sampah juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, sehingga perlu dilakukan pengembangan bank sampah ini di Desa-desa yang lain.

Reporter : Iran G Hasibuan
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *