Demi Cakades Yang Jujur, FKPD Minta Panitia Pilkades Bersikap Netral

oleh -20 views
Koordinator FKPD, Satori.

LUMAJANG, Jum’at (30/8/2019) suara Indonesia-news.com – Gelaran kontestasi Pemilihan Kepala Kesa (Pilkades) serentak 2019 mendapat tanggapan serius dari Koordinator Forum Kajian Pembanguan Desa (FKPD) Kabupaten Lumajang, Satori.

“Kami berharap kepada panitia Pelaksana, baik yang ada di tingkat desa maupun yang ada di tingkat kabupaten untuk selalu menjaga netralitas dan profesionalitas dalam menjalankan tugasnya,” kata Koordinator FKPD ini.

Menurut Satori, dengan adanya netralitas dan profesionalitas panitia Pilkades, maka akan menyuguhkan calon Kades yang berkualitas. Panitia itu, kata Satori, jangan segan-segan memberikan sangsi kepada calon Kades (Cakades) yang memang tidak memenuhi kualifikasi sebagai Cakades.

Menurutnya, desa yang ada di Lumajang harus dipimpin oleh Kades yang benar-benar memiliki kapasitas dalam membangun desa.

“Kapasitas yang kami maksud adalah orangnya jujur. Jadi sekali lagi kami berharap kepada Panitia Pilkades harus benar-benar jeli dalam melihat dan menilai Cakades ini,” ujarnya lagi.

Jika memang didapati ada Cakades yang mempunyai latar belakang yang kurang baik, Satori menghimbau kepada Panitia Pilkades, untuk jangan segan panitia untuk tidak meloloskannya.

Jika menginginkan desa di Lumajang dipimpin oleh kades-kades yang jujur, kreatif dan berpihak pada kesejahteraan masyarakat dan tidak takut akan perubahan, maka hal itu harus dilaksanakan. Apalagi dengan adanya dana desa (DD) yang besar Pemerintah Desa (Pemdes) bisa dengan mudah mengelola untuk kesejahteraan masyarakat dengan baik.

“Kami tidak ingin ada Cakades yang tidak memiliki visi yang jelas untuk membangun desa yang hebat dan bermartabat, ke depan kami tidak mau ada lagi desa yang jalan ditempat dan tidak berinovasi,” tuturnya.

Saat ini tahapan Pilkades di Lumajang sudah mulai tahap pendaftaran Cakades. Desa yang memiliki calon lebih dari lima orang maka akan dilakukan seleksi tes tulis.

Semoga pelaksanaan Pilkades serentak 2019 berjalan lancar dan menghasilkan kapala desa yang hebat dan bermartabat.

Reporter : Fuad
Editor : Amin
Publiser : Mariska

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *