Dedie Berikan Arahan Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Seameo Biotrop

oleh -54 views
Wakil Wali Kota, Dedie A Rachim (kanan) saat memberikan arahan pencegahan penyebaran Covid-19 di Seameo Biotrop.

BOGOR, Kamis (25/06/2020) suaraindonesia-news.com – Wakil Wali Kota Bogor sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bogor, Dedie A. Rachim jelaskan upaya yang dilakukan pemerintah di masa pandemi Covid-19 ini, tidak hanya sebatas penanganan di bidang kesehatan, namun juga termasuk jaring pengaman sosial dan ekonomi.

“Jadi, ada tiga poin penting yang ditangani pemerintah, yaitu jaring pengaman sosial pemulihan ekonomi dan tentunya kesehatan,” kata Dedie saat memberikan arahan Sosialisasi dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Seameo Biotrop Jalan Raya Tajur, Kecamatan Bogor Timur, Rabu (24/06).

Ketiga poin tersebut menurut Dedie perlu dipahami juga oleh jajaran Seameo Biotrop agar dapat berempati dan membantu dari sisi apapun yang dimiliki Seameo Biotrop.

Apresiasi disampaikannya terhadap pelaksanaan protokol kesehatan yang telah dijalankan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Seameo Biotrop, yang hingga saat ini tidak ada yang terpapar Covid-19.

“Alhamdulillah disini tidak ada yang positif maupun PDP. Saya meyakini Gugus Tugas Covid-19 di Seameo Biotrop pasti sudah mempelajari dari berbagai sudut pandang. Semoga ini dapat dipertahankan dan menjadi modal dalam penanganan Covid-19 di Kota Bogor,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut ia mengaku mendengar ada rencana kegiatan bertaraf internasional di Seameo Biotrop pada Oktober nanti. Dedie mengingatkan agar terlebih dahulu melihat situasi perkembangan status Covid-19 di Kota Bogor apakah bisa dilaksanakan atau tidak.

“Protokol kesehatan juga harus jadi perhatian dan akumulasi data yang dijadikan penilaian zonasi pada bulan tersebut. Harapan kita kondisinya sudah lebih baik sehingga rencana yang ada dapat terlaksana dan Kota Bogor mendapat manfaatnya,” kata Dedie.

Deputi Bidang Administrasi Seameo Biotrop,  Zulhamsyah Imran menegaskan, pihaknya telah melaksanakan protokol kesehatan secara ketat sejak 17 Maret lalu dengan menerapkan satu kebijakan parsial closing dalam bentuk pola kerja Work From Home (WFH).

Langkah lain yang telah dijalankan Seameo Biotrop adalah mempersiapkan dan menjaga imunitas jajarannya. Diantaranya menyediakan keperluan vitamin bagi para karyawan, menyediakan fasilitas untuk kebersihan dan kesehatan, mulai dari desinfektan, masker serta upaya peningkatan melalui jaringan pengaman sosial bagi internal Seameo Biotrop.

“Untuk para tamu kita juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat, disamping itu ada juga evaluasi diri bagi semua dengan mengisi form sehingga jika ada yang berpotensi sedang saja, tidak kita terima. Untuk internal jika ada yang terkena, kita arahkan untuk di tes bekerjasama dengan salah satu rumah sakit di Kota Bogor,” jelas Zulhamsyah.

Untuk langkah pencegahan dan penanganan Covid-19, Seameo Biotrop menyediakan ruangan khusus sementara jika ada yang memperlihatkan gejala Covid-19. Kemudian akan langsung ditangani rumah sakit.

Zulhamsyah berujar, kegiatan internasional yang rencananya dilaksanakan pada Oktober nanti akan dihadiri 20 peserta dari 11 negara. Sebagian akan ditempatkan di Seameo Biotrop dan sebagian peserta yang berasal dari luar negeri akan dilakukan secara daring.

Kepada semua karyawan Seameo Biotrop ia menginstruksikan untuk melakukan pemantauan mandiri secara rutin satu kali dalam seminggu dimana hasilnya dilaporkan kepada manajer yang selanjutnya masuk ke bidang preventif.

Reporter : Iran G Hasibuan
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *