Cukupi Kebutuhan Warga Andalkan Air Pasang

Air Bersih- salah satu unit pengolahan air bersih(RO) yang dibangun masyarakat bersama PT OKI PULP melalui dana csr di Air Sugihan.

OGAN KOMERING ILIR, Jumat (9/8/2019) suaraindonesia-news.com – Sulitnya air diwilayah kecamatan Air Sugihan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menjadi persoalan yang menahun. Dalam memenuhi kebutuhan akan air masyarakat setempat andalan memanfaatkan air pasang surut.

Hal ini diungkap Suradi Camat Air Sugihan. Dan untuk konsumsi warganya menggunakan air galon isi ulang dan air kemasan lainnya. Dari 19 desa diwilayahnya baru 5 desa yang sudah mendapat bantuan RO/penyulingan air bersih dari csr PT OKI Pulp. RO merupakan mesin penyuling air menjadi layak minum. Satu mesin bisa menghasilkan air bersih (galon) langsung konsumsi dan bisa juga menghasilkan air bersih tapi harus di masak dulu untuk dikonsumsi.

“Untuk aktifitas mandi dan cuci sebagian warga mengunakan sumur bor dan sedot air apabila air pasang dan di tampung oleh masyarakat. Kondisi pasang surut ini yang dimanfaatkan masyarakat untuk mencukupi kebutuhannya,” jelasnya. Jumat (9/8).

Sambungnya, apalagi dimusim kemarau seperti sekarang ini hampir seluruh desa memanfaatkan air pasang dengan menggunakan pompa mesin dan di tampung di tedmon dan tempat penampungan air lainnya.

“Harapannya ada semacam pdam di air sugihan dan ini setiap tahun kita sampaikan usulan melalui musrenbang kabupaten. Dan juga kita sampaikan kepada perusahaan melalui program csr nya agar RO bisa di bangun di setiap desa,” tuturnya.

Eni Kusrini kepala Desa Simpang Heran menjelaskan, kendati masyarakat masih mengkonsumsi air hujan, berkat pembangunan unit pengelolaan air bersih (RO) didesanya dengan kapasitas sekitar 800-1000 liter perjam telah membantu warganya dalam pemenuhan kebutuhan akan air bersih.

“Yang konsumsi masih sekitar 50-100 kk. Dan dari luar desa tidak ada yang mengkonsumsi ro di desa,” terangnya.

Reporter : Firman
Editor : Amin
Publis : Mariska


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here