Bupati Pamekasan Baddrut Tamam Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2020

oleh -237 views
Bupati Pamekasan Baddrud Tamam memberikan piala penghargaan bagi instansi pemerintah

PAMEKASAN, Rabu (20/03/2019) suaraindonesia-news.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) tahun 2020, yang bertempat di Pendopo Ronggosukowati jalan Pamong Praja No 1 Rabu (20/03/19).

Musrenbang yang dilaksanakan di Pendopo Agung Ronggosukowati dibuka langsung Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam dan dihadiri seluruh Muspida kordinator, Kepala Bakerwil, dan ketua fraksi DPRD, Pj Sekda, OPD, BUMN, BUMD, pimpinan perangkat daerah Ketua tim penggerak PKK Kabupaten Pamekasan, Tokoh agama,camat dan Kepala Desa se Kabupaten Pamekasan.

Adapun tema yang diusung yakni “Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Untuk Pertumbuhan Dan Penguatan Ekonomi Masyarakat Yang Berdaya Saing Dan Berkualitas”.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, musrenbang merupakan fondasi untuk kemudian menyusun RKPD. Dan dari RKPD itulah kita tancapkan tekad dan semangat untuk terus melangkah dalam membangun kabupaten ini menjadi lebih baik.

“Saya berkeyakinan dengan semangat yang kita miliki bersama untuk menjadi kabupaten ini sebagai kabupaten yang semakin baik, kabupaten yang dalam segala sektor mendorong untuk kemudian bisa berdaya saing dengan kabupaten lainnya di Indonesia,” katanya.

Menurut bupati, forum musrembang sangat penting karena untuk bersama-sama memberikan pemikiran serta mendorong sinergi kebijakan pembangunan baik ditingkat desa, kabupaten, provensi dan nasional untuk mencapai tujuan yang diamanatkan dalam peraturan perundang-undangan.

Selain itu ia juga menyebutkan bahwa musrenbang merupakan forum antar pemangku kepentingan dan masyarakat serta untuk sinkronisasi beberapa rencana pembangunan pemerintahan daerah, mulai dari perangkat daerah dengan usulan dan kebutuhan pembangunan yang disampaikan oleh masyarakat walupun dengan keterbatasan dana anggaran yang dimiliki oleh Pemkab.

“Karenanya dengan segala keterbatasan ini maka yang diperlukan kita lakukan semua adalah efisiensi, efektifitas dan mendorong skala prioritas pembangunan. Dengan skala prioritas yang kita rancang bersama-sama melalui musrenbang ini setidaknya kita akan bisa mengetahui beberapa potensi serta rencana strategis yang akan kita lakukan,” ungkapnya.

Lebih lanjut bupati berharap musrenbang kali ini ada beberapa hal yang substansial, strategis, teknis untuk kemudian menjadi bagian langkah kita menuju Pamekasan rajjeh, bejjreh tor parjugeh.

“Rajjeh dengan pembangunan infrastruktur dasar yang memadai. Bejjreh melalui kehidupan ekonomi yang mandiri, sejahtera dan penuh berkat secara ekonomi. Parjugeh dengan SDM masyarakaf yang terampil dan berkualitas,” pungkasnya.

Sekretaris Bapeda Pamekasan Rahmat Suroso membacakan visi misi acara musrenbang RKPD Kabupaten Pamekasan tahun 2019 dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah Kabupaten Pamekasan tahun 2020 atas nama penyelenggara musrenbang RKPD Kabupaten Pamekasan .

Pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada para undangan dan peserta musrenbang yang telah banyak membantu dan berpartisipasi dalam proses perencanaan pembangunan daerah di Kabupaten Pamekasan.

Hal ini merupakan salah satu wujud perencanaan partisipatif dan yang menjadi media bagi pemerintah Kabupaten untuk menyerap aspirasi kebutuhan pembangunan masyarakat di Kabupaten Pamekasan.

“Dan untuk selanjutnya aspirasi tersebut akan kita singkronkan dengan berbagai kebijakan daerah yang secara teknokratis akan Kita sesuaikan dengan prioritas dan kemampuan keuangan daerah,” pungkasnya.

Reporter : Mai
Editor : Amin
Publisher : Imam

Tinggalkan Balasan