Bupati Jember Ingatkan Kepala Sekolah Jauhi Pungli

oleh -1,007 views
Foto: Sosialisasi Saber Pungli kepada ratusan kepala sekolah se-Kabupaten Jember

JEMBER, Jumat (09/12/2022) suaraindonesia-news.com – Pungutan liar diakui masih terjadi di lingkungan pendidikan. Ini juga yang menjadi perhatian Bupati Jember, Hendy Siswanto.

Dia pun mewanti-wanti seluruh kepala sekolah mulai tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas atau kejuruan untuk menghindari pungutan liar kepada wali murid.

Pemkab Jember mengumpulkan kepala sekolah dari 477 SD, 94 SMP negeri, 129 SMP swasta, 18 SMA Negeri, dan 8 SMK negeri untuk menerima sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) di Aula PB Sudirman Kantor Pemkab Jember, Kamis (08/12/2022) kemarin.

“Para tenaga pendidikan agar menghindari pungutan liar. Saya menyarankan agar berkonsultasi terlebih dahulu supaya kebijakan sekolah tidak masuk ranah pungutan liar,” kata Bupati Jember, Hendy Siswanto, saat menghadiri sosialisasi saber pungli, Kamis (08/12) kemarin.

Dia mengakui dana bantuan operasional sekolah (BOS) memang tidak mencukupi untuk operasional sekolah sehingga sekolah biasanya meminta sumbangan sukarela kepada wali murid dan hal itu diperbolehkan.

“Kendati demikian, saya meminta agar pemungutan sumbangan sukarela tidak disampaikan kepada siswa untuk menghindari gesekan antar siswa,” katanya.

Menurutnya, sumbangan tersebut biasanya memang sukarela dan bebas tanpa ada tekanan, namun justru siswa yang tidak mampu terkadang menjadi korban perundungan antara teman.

“Jadi, cukup disampaikan kepada wali murid saja,” ucapnya.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : M Hendra E
Publisher : Nurul Anam

Tinggalkan Balasan