Bupati Jember Berikan Bantuan Bagi Ratusan Siswa Terdampak Banjir Kencong

oleh -58 views
Bupati Jember usai menyerahkan bantuan bagi para siswa. (Foto: Humas Pemkab Jember)

JEMBER, Kamis (03/01/2019) suaraindonesia-news.com – Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR kembali mendatangi korban banjir di Kencong, kali ini kedatangan Bupati Faida untuk memberikan bantuan berupa beasiswa sebesar Rp. 1,2 juta per siswa, serta peralatan sekolah untuk 324 siswa terdampak Banjir Kencong.

Bupati Faida berharap dengan pemberian bantuan tersebut pelajar dapat bersekolah kembali seperti biasanya.

Penyerahan bantuan dipusatkan di SDN Kraton 3 Kecamatan Kencong. Kamis (03/01/2019).

“Peralatan sekolah korban banjir banyak yang rusak dan hanyut. Selain warga Kecamatan Kencong, warga Kecamatan Gumukmas yang menjadi korban banjir juga kita bantu,” tutur Bupati Faida.

Faida juga meminta kepada warga setempat agar segera menyampaikan data-data yang belum terdata.

“Agar mereka juga mendapatkan bantuan seperti yang lain,” tuturnya.

Selain memberikan bantuan kepada ratusan siswa korban banjir di Kencong, Faida juga memberikan bantuan beasiswa bagi para siswa dari keluarga korban Tsunami Palu dan Lombok asal Jember. Terdapat 17 korban Tsunami Palu yang tersebar di 14 kecamatan di Jember, serta 1 korban gempa Lombok yang telah kembali ke Jember.

“Mereka juga mendapat bantuan dan beasiswa,” terang Bupati Faida, seraya berharap anak-anak bisa kembali sekolah, belajar dengan tenang, dan bersemangat dengan bantuan yang diberikan Pemerintah tersebut .

Bupati juga menjelaskan sekolah-sekolah yang mengalami dampak banjir mendapat pantauan supaya kegiatan belajar mengajar dapat pulih seperti semula.

Untuk sumur sumur warga, karena jumlahnya terlalu banyak, Bupati memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk menyelesaikan pembersihan sumur-sumur warga sampai tuntas seperti sediakala. Air bersih adalah kebutuhan yang sangat mendasar.

Kemudian  untuk rumah yang rusak berat, lanjut Bupati, akan diperbaiki langsung saat ini dan bahan-bahan sudah disiapkan.

Pemerintah berupaya juga untuk memulihkan semangat masyarakat Kencong dan Gumukmas. Upaya ini dilakukan dengan memprioritaskan pembangunan fasilitas infrastruktur. Tujuannya, supaya kegiatan perekonomian bisa pulih kembali.

Luasnya dampak banjir terhadap persawahan dan pertanian warga membuat pemerintah berinisiatif untuk mengumpulkan para petani usai masalah bencana banjir teratasi.

Pemerintah akan mengajak para petani bergotong royong untuk memulihkan persawahan dan pertanian. “Agar dapat bertani dan bekerja seperti semula,” janjinya.

Sementara itu Susmiadi, Camat Kencong, mengucapkan terima kasihnya serta mengapresiasi tanggapnya Bupati Jember terhadap korban bencana banjir di Kecamatan Kencong.

“Saya berterimakasih kepada Ibu Bupati atas bantuannya kepada warga di sini, semoga dengan adanya bantuan beasiswa dan peralatan sekolah bisa menambah semangat bersekolah bagi pelajar korban banjir,” pungkasnya.

Reporter : Eko Riswanto
Editor : Amin
Publisher : Imam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *