Bupati Jember Ajak Warganya Memfungsikan Poskamling Untuk Kesiapsiagaan Bencana

oleh -206 views
Bupati Jember Hendy Siswanto dorong terwujudnya SDM warga tangguh dan siaga bencana. (Foto: Istimewa).

JEMBER, Kamis (26/8/2021) suaraindonesia-news.com – Pos keamanan lingkungan atau poskamling sudah menjadi ciri khas sistim keamanan warga Indonesia sejak lama.

Bupati Jember Hendy Siswanto mengajak warganya untuk juga memfungsikan poskamling sebagai sarana kesiapsiagaan bencana.

“Tentunya masyarakat di daerah rawan bencana sudah terlebih dahulu dibekali dengan pengetahuan yang cukup mengenai kebencanaan itu sendiri,” kata Hendy Siswanto usai memimpin apel kesiapsiagaan bencana, Kamis (26/08/2021).

Adanya kentongan juga dapat membantu alat peringatan bencana agar peringatan dapat tersampaikan ke seluruh warga di desa.

Dia memerintahkan BPBD Jember dan OPD terkait kebencanaan untuk gerak cepat mengedukasi masyarakat agar paham tentang kebencanaan.

Dengan terciptanya SDM yang tangguh terhadap bencana, maka potensi bencana dapat terkelola dengan baik, sehingga mengurangi resiko yang tidak diinginkan.

“Melalui pendidikan dan pelatihan penanggulangan bencana maka dampak bencana dapat diminimalisir. Saya juga meminta warga untuk menyiapkan tas siaga dan perbanyak melatih diri kita dengan melakukan simulasi, selanjutnya akan tercapai desa tangguh bencana,” pungkas Hendy.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *