Bupati Faida Sosialisasikan 3 Bansos Beras di Jember

oleh -27 views
Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR. saat memberikan sosialisasi kepada Kades se- Kabupaten Jember, di Pendopo Wahyawibawagraha. (Foto: Eko Riswanto/SI)

JEMBER, Senin (19/2/2018) suaraindonesia-news.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, Jawa Timur, melakukan sosialisasi beras bersubsidi (Rasidi), beras sejahtera (Rastra) dan beras sejahtera daerah (Rastrada) kepada seluruh Kades dan Camat se-Kabupaten Jember di Pendopo Wahyawibawagraha Pemkab Jember, Senin (19/18).

Hal tersebut dilakukan dalam rangka untuk percepatan dan perluasan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Jember.

Dalam sosialisasi tersebut, Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR. memaparkan secara detail terkait dengan jumlah penerima, anggaran yang digunakan serta kriteria penerima manfaat Rastra, Rasidi dan Rastrada.

Dijelaskan bahwa Rastra merupakan Beras untuk Keluarga Sejahtera yang anggarannya bersumber dari APBN dan bersifat gratis (tanpa uang tebus) sebanyak 10 kilogram untuk satu orang penerima, data penerima disesuaikan dengan Basis Data Terpadu (BDT) dari Kemensos RI.

Sedangkan Rasidi merupakan Beras Bersubsidi yang anggarannya bersumber dari APBD Provinsi dan bersifat menebus Rp. 1.600/kg dengan berat 10 kilogran per penerima.

Baca Juga: Polres Jember Siapkan 860 Personil Amankan Aksi 212 Jember 

Sementara Rastrada merupakan Beras untuk Keluarga Sejahtera Daerah yang anggarannya bersumber dari APBD Kabupate Jember dan bersifat gratis dengan berat 10 kilogram setiap penerima.

“Jangan sampai beras yang sudah menjadi haknya penerima kemudian masih diminta untuk menebusnya, kecuali bagi penerima RASIDI karena memang dana alokasinya bersumber dari propinsi dan ketentuannya harus menebus sebesar Rp. 1.600,” tegas Bupati kepada seluruh Kepala Desa yang hadir.

Untuk memastikan agar penyaluran beras tersebut sesuai dengan BDT, Bupati akan menugaskan 1600 mahasiswa asal Jember, untuk menvalidasi data di masing-masing daerahnya.

“1600 mahasiswa tersebut diambilkan dari penerima beasiswa APBD Kabupaten Jember, dan akan diberikan Surat Penugasan yang ditanda tangani langsung oleh Bupati, supaya dapat menverifikasi masyarakat yang dianggap layak untuk menerima bantuan RASTRA, RASIDI maupun RASTRADA di daerah masing-masing, agar mereka (mahasiswa, red) ikut peduli terhadap masyarakat miskin di Kabupaten Jember,” harap Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR.

Turut hadir dalam acara tersebut perwakilan dari BULOG sebagai penyedia beras, DINSOS Kab. Jember serta Tim Pendamping Keluarga Harapan (PKH).

Reporter: Eko Riswanto
Editor : Amin
Publisher : Tolak Imam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *