Bupati dan Wabup Jember Resmi Dilantik, Berikut Ini Kebijakan Strategis yang Akan Didahulukan

oleh -391 views
Bupati Jember, Hendy Siswanto menyampaikan pidato pertamanya di Pendopo Wahyawibawagraha pada Jumat 26 Februari 2021 malam. (Foto: Guntur Rahmatullah).

JEMBER, Sabtu (27/2/2021) suaraindonesia-news.com – Hendy Siswanto dan KH. Muh. Balya Firjaun Barlaman resmi menjabat Bupati dan Wakil Bupati Jember periode 2021-2024. Keduanya dilantik oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada Jumat (26/2/2021).

Pasangan nomer urut 2 ini diusung oleh 5 partai politik, di antaranya Partai Gerindra, Nasdem, PKS, PPP, dan Demokrat yang mempunyai 28 kursi di DPRD Jember pada Pemilu 2020.

Usai pelantikan, keduanya tiba di Pendopo Bupati Jember sekitar pukul 21:45 WIB dan langsung menyampaikan pidato pertamanya mengenai berbagai rencana kebijakan srategis yang akan didahulukan. Beberapa kebijakan tersebut di antaranya, penuntasan APBD 2021, pembangunan jalan, pencairan Dana Desa, serta penanggulangan Covid-19.

“Pertama, kami kebut APBD 2021 bersama DPRD, target kami Maret 2021 sudah rampung dan kami disahkan,” ucap Hendy Siswanto.

Mengenai pembangunan jalan dimana saat ini kondisinya memprihatinkan, Hendy akan membangun jalan sepanjang 900 KM sampai ke pelosok.

“Kemudian pembangunan jalan sepanjang 900 kilometer sampai ke pelosok-pelosok yang akan kami kerjakan, kami target Februari 2022 itu selesai,” jelas Hendy Siswanto.

Menurutnya, akses jalan yang mulus adalah kunci kemakmuran ekonomi warga Jember.

Mengenai pencairan dana desa, Hendy akan melaksanakan perintah Gubernur Jawa Timur Khofifah mempercepat Perda Dana Desa.

“Pada intinya DD sudah siap dan tinggal dicairkan saja. Saya segera koordinasikan teknisnya dan ini penting karena menyangkut percepatan pembangunan desa, juga bisa menurunkan angka kemiskinan di Jember,” ujar Hendy.

Dan untuk penanganan Covid-19, Hendy akan menjadi Ketua Satgas. Menurutnya kunci penanganan Covid-19 adalah ikhtiar dan doa.

“Kami mempunyai tim yang sangat hebat di Jember ini untuk menangani Covid-19 ini. Untuk ikhtiarnya tetap kita patuhi protokol kesehatan, laksanakan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) serta wajib kita vaksinasi. Sedangkan untuk doanya atau memohon kepada Allah agar wabah ini segera diangkat, kami akan intruksikan seluruh masyarakat Jember untuk berdoa bersama secara berkelanjutan setiap hari selama sebulan dari rumah masing-masing, jam berdoanya kita tentukan tentunya setelah berkoordinasi dengan tim gugus tugas, karena menurut saya yang dinilai oleh Allah adalah keseriusan dan berkelanjutan (istiqomah) jadi sebulan penuh kita berdoa kepada-Nya untuk mengangkat wabah ini,” pungkas dia.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *