BPN Kota Bogor Kembali Laksanakan Jemput Bola Melalui Program Larasita

Kasubsi Penetapan Hak dan Pemberdayaan Masyarakat Dian Taveri (krudung hijau) saat melayani masyarakat

BOGOR, Jumat (26/04/2019) suaraindonesia-news.com — Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bogor kembali melaksanakan program unggulan dari Kantor Pertanahan yaitu LARASITA. Kali ini BPN Kota Bogor melaksanakannya di Perumahan Kenari RT/RW: 01/10 Kelurahan Ciluar, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Kamis (25/04).

Hadir pada kegiatan tersebut Kasubsi Penetapan Hak dan Pemberdayaan Masyarakat Dian Taveri, beberapa staf BPN Kota Bogor dan sekitar 21 warga Kelurahan Ciluar.

Kasubsi Penetapan Hak dan Pemberdayaan Masyarakat Dian Taveri saat wawancara dengan suaraindonesia-news.com menyampaikan bahwa Larasita atau singkatan dari Layanan Rakyat untuk Sertifikasi Tanah adalah program andalan BPN sesuai dengan Peraturan Kepala BPN RI NO. 18 Tahun 2009 Tentang Larasita.

Pola layanan Larasita kata Dian, masyarakat tidak perlu datang ke Kantor Pertanahan tapi cukup menunggu di kelurahan. Petugas akan mendatangi (jemput bola) dan bila selesai akan diserahkan ke rumah.

Adapun cakupan dari program Larasita di kota bogor ini kata Dian adalah peningkatan alas hak, Loya, pengecekan dan balik nama.

Menurutnya, mayoritas warga yang datang pada hari ini (25/04) adalah warga yang mengurus untuk peningkatan hak.

“Kebanyakan yang datang hari ini mengurus peningkatan hak, ada juga sebagian warga hanya konsultasi,” tuturnya.

Ditambahkan Dian, untuk syarat-syarat mengurus peningkatan hak adalah tahap pertama mengisi formulir, setelah itu warga juga harus membawa KTP pemegang hak, IMB dan PBB.

Ditempat yang sama salah satu warga kelurahan Ciluar Anita mengatakan bahwa dirinya menyambut baik program Larasita ini karena menurutnya sangat membantu masyarakat.

“Saya berterimakasih kepada BPN Kota Bogor, karena Tim BPN sendiri sudah jemput bola ketempat kami,” ujarnya.

Ditambahkan Anita, animo warga kelurahan Ciluar sangat antusias dengan kehadiran Tim BPN Kota Bogor dengan Program Larasita ini, karena sangat membatu warga baik itu untuk peningkatan alas hak maupun untuk konsultasi.

Dirinya sendiri, kata Anita pada hari ini membawa berkas untuk peningkatan alas hak, yaitu dari Hak Guna Bangunan (HGB) menjadi Hak Milik.

Sebagai warga yang baik, Anita sendiri berharap kepada masyarakat Kota Bogor, khususnya wilayah kelurahan Ciluar, jika Tim BPN datang kewilayah dengan membawa program Larasita, manfatkanlah kedatangan mereka, walaupun hanya konsultasi.

Reporte: Iran G Hasibuan
Editor : Agira
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here