Bibir Pantai Jilbab Memprihatinkan, Warga Desak Bupati Ambil Langkah

oleh -281 views
Pengikisan bibir pantai jilbab Desa Keude, Kec. Susoh, Kab. Abdya semakin bertambah parah.

Reporter: Nazli Md

ABDYA ACEH, Sabtu (10/6/2017) suaraindonesia-news.com – Pengikisan pantai oleh gerusan ombak (abrasi) di sepanjang bibir Pantai Jilbab, Desa Keude, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) semakin bertambah parah dan memprihatinkan.

Pantauan wartawan suaraIndonesia-news.com dilokasi, persisiran pantai jilbab, Pecahan ombak semakin mendekati sejumlah bangunan cafe di lokasi wisata tersebut.

Menurut salah seorang Warga Desa Keudai, Wandi  (39), dipersisiran pantai jelbab harus secepatnya diantisipasi oleh Pemkab Abdya.

“Kondisi abrasinya sudah sangat luar biasa dan bila dikerjakan jangan lagi secara darurat seperti menyusun karung yang terkesan sangat mubazir dan menghambur-hamburkan uang rakyat saja,” Sebut Wandi.

Selanjutnya, sebelum memasuki bulan suci Ramadhan, perumahan warga di desa keudai dimasuki Air laut ketika pasang naik, dan sejumlah  bangunan cafe “ambruk,” dengan luas pengikisan mencapai 30 meter dari dasar pantai.

“Dengan kondisi demikian kami mendesak Camat melalui Bupati, Dprk dan elemen lainnya untuk segera mengambil langkah penyelesaian yang bersifat permanen,” sebutnya.

Ia berharap, sebelum kondisi tersebut semakin meluas dan memasuki cuaca buruk melanda Kabupaten Abdya. “Sebaiknya pengamanan tanggul bibir Pantai Jilbab Untuk segera dibangun secepatnya,” tuturnya.

Sementara itu, seperti diberitakan sebelumnya, pada awal september lalu, Badan Penanggulanan Bencana Kabupaten (BPBK) bersama Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) serta SAR Abdya telah melakukan penanganan darurat dengan cara menyusun 2.500 karung berisi pasir di sepanjang bibir pantai.

“Dari pihak BPBD hanya bisa mengambil langkah darurat yang bersifat sementara, namun kalau secara permanen itu bukan wewenangnya, hanya saja mengusulkan dan meminta kepada dinas terkait untuk merealisasinya,” ujar Amiruddin Kepala BPBD Abdya.

Tinggalkan Balasan