Berdayakan UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Ala Niagahoster

oleh -25 views
Niagahoster menggelar pertemuan virtual yang membahas problematika talenta digital Indonesia di masa pandemic. (Foto: Istimewa)

JEMBER, Jumat (28/8/2020) suaraindonesia-news.com – Niagahoster menggelar pertemuan secara virtual dalam rangka membahas problematika talenta digital Indonesia di masa pandemi Covid-19 pada Kamis (27/8) siang.

Seperti yang kita ketahui, pandemi Covid-19  ini mengharuskan pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan pembatasan sosial sebagai wujud antisipasi penyebaran virus ini. Kebijakan ini pun mengharuskan para pelaku usaha untuk beralih dari offline menjadi online.

Namun perlu diketahui bahwa tidak semua masyarakat bisa menjalankan usahanya secara online. Kemampuan dan pengetahuan di bidang IT yang masih rendah atau bahkan buta terhadap IT menjadi kendala utamanya.

Head of Brand & Reputation Management Niagahoster, Ayunda Zikrina menjelaskan, Niagahoster telah menjalankan beberapa program dalam rangka memberdayakan masyarakat, dalam hal ini para pelaku usaha untuk bisa go-online.

“Untuk menyentuh mereka yang memang tidak bisa sama sekali dunia IT, sementara kondisi saat ini mengharuskan go online, kami menjalankan beberapa program pendampingan secara virtual, misal seperti Niagahoster lite bites, Kelas whatsapp, web series dan lain-lain agar mereka bisa menjalankan bisnisnya secara online,” kata Ayunda.

Selain itu, Niagahoster juga secara berkelanjutan mempromosikan usaha milik pelanggannya melalui artikel blog, video dan lainnya.

“Kita menyederhanakan konsep go-online itu sendiri. Berusaha menjangkau mereka, mendampingi mereka meski dari jarak jauh,” imbuh dia.

Perusahaan Harus Lebih Humanis

Hingga bulan April 2020, tercatat ada lebih dari 1,9 juta pekerja di-PHK akibat pandemic Covid-19 ini. Selain itu, beberapa karyawan mengalami pengurangan gaji akibat efisiensi yang dilakukan perusahaan. Hal ini tidak disertai dengan bertambahnya lapangan kerja di industri.

Niagahoster sebagai industri yang tidak terdampak pandemi turut menerima dampak adanya kenaikan CV (curicullum vitae) yang diterima. Di bulan April – Juni 2020, Niagahoster menerima CV 40% lebih banyak dari kuarter sebelumnya, yaitu sekitar 7500 CV. Angka ini menunjukkan adanya persaingan kerja yang makin kompetitif.

Selain itu, transformasi besar juga dialami dari kebijakan work from home atau bekerja di rumah yang diberlakukan beberapa perusahaan. Data bulan Maret 2020 dari Dinas Tenaga Kerja, Imigrasi, dan Energi DKI Jakarta mencatat ada lebih dari 1 juta pekerja work from home selama pandemi.

“Kami menerapkan 100% online hiring, on-boarding, dan working. Ini berlaku untuk semua calon karyawan dan karyawan yang bekerja saat ini.” ungkap Rheinjani Dora, Head of People and Office Operation Niagahoster.

Dora mengaku, remote working atau WFH juga memiliki kelebihan dan tantangannya sendiri. Data dari International Labour Organization tahun 2017 yang dikutip Weforum mengatakan 41%

pekerja remote dilaporkan memiliki level stres yang tinggi dibandingkan dengan pekerja kantoran yaitu 25%.

Membuat rumah menjadi tempat kerja yang nyaman dan produktif juga merupakan tantangan bagi para karyawan dan perusahaan. Niagahoster sendiri telah menerapkan 100% remote working, dan dan 48% karyawannya berada di luar Yogyakarta.

“Empati, adaptasi, dan over komunikasi adalah kunci utama pengelolaan karyawan di masapandemi hingga new normal. Para stakeholders perusahaan harus memahami karyawan dari sisipersonal, tidak hanya professional.” saran Rheinjani Dora.

Dora mengakui, produktivitas dan kesehatan emosional karyawan merupakan dua hal yang menjadi fokus utama perusahaan dalam pelaksanaan work from home. Dora merekomendasikan upaya aktif seperti penyediaan layanan psikolog, aktivitas bincang santai virtual, karaoke online, dan lainnya untuk menghilangkan kejenuhan bekerja di rumah.

Untuk diketahui, Niagahoster adalah perusahaan penyedia layanan web hosting, domain dan server berkualitas yang berpusat di Yogyakarta.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *