Batik Tulis Canteng Koneng Tak Hanya Diminati di Indonesia, Tapi Juga Manca Negara

oleh -38 views
Foto: Salah satu turis saat mencoba belajar membatik di selembar kain putih yang telah disediakan di lokasi di Pendapa Agung Keraton Sumenep. Sabtu (26/08/2023).

SUMENEP, Minggu (27/08/2023) suaraindonesia-news.com – Batik Tulis Canteng Koneng tidak hanya diminati di dalam negeri saja namun juga dari mancanegara, itu dibuktikan saat sejumlah wisatawan mancanegara (Wisman) berkunjung ke Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, dan menghampiri stand Batik Tulis Canteng Koneng dalam gelaran Madura Culture Festival 2023, Sabtu (26/08).

Dalam kesempatan tersebut, beberapa Wisman tidak hanya melihat produk yang memiliki motif khas “Tera’ Bulen” yang disajikan Batik Tulis Canteng Koneng di Pendapa Agung Keraton Sumenep, namun juga membeli beberapa potong produk Batik Tulis Canteng Koneng.

Bahkan, salah satu turis ada yang mencoba belajar membatik di selembar kain putih yang telah disediakan di lokasi dengan didampingi salah satu karyawan Batik Tulis Canteng Koneng.

Baca Juga: Selamat Jalan Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait

Salah seorang wisatawan asing Eliza, perempuan berusia 14 tahun asal Amerika Serikat mengungkapkan bahwa dia sangat tertarik dengan Batik Tulis Canteng Koneng, karena memiliki motif yang sangat khas dan elegan saat dikenakan.

Owner Batik Tulis Canteng Koneng, Didik Haryanto mengungkapkan, bahwa produk batik yang dijajakan di Pendopo Agung Keraton Sumenep itu, merupakan hasil Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) WIMBAR dari kampus Universitas Bahauddin Mudhari (UNIBA) Madura, di bawah binaannya.

Baca Juga: Pemprovsu Minta Bawaslu Sumut dan DS Beri Klarifikasi ke Media soal Status Bupati Deli Serdang

“Yang kami sajikan di Pendapa Agung Keraton Sumenep Itu hasil binaan, nama UKMnya WIMBAR kampus UNIBA Madura,” ujarnya.

Dia menambahkan, pihaknya sengaja menyajikan hasil dari binaannya sebagai wujud dan bukti nyata, bahwa Canteng Koneng akan terus membina UKM binaannya.

Baca Juga: Hj Mimin Slamet Junaidi : TFC Merupakan Bentuk Kreatifitas Terhadap Karya Seni Fashion

“Kami banyak memiliki UKM binaan yang tersebar di beberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Sumenep,” terangnya.

Pengusaha yang biasa disapa Didik itu berharap, dengan adanya kunjungan wisman ke Sumenep kedepannya bisa mengenalkan beragam potensi yang dimiliki oleh Kota Keris tersebut khususnya kerajinan Batik.

“Semoga dengan kunjungan Wisman kali ini bisa membawa harum Batik Tulis Sumenep semakin mendunia, dan semakin dikenal di mancanegara,” tukasnya.

Reporter: Amin
Editor: Abd. Wakid
Publisher: Nurul Anam

Tinggalkan Balasan