APBG Tahun 2020 Desa Jambo Balee – Indra Makmue Terdapat Sejumlah Kejanggalan

oleh -248 views
Foto : Mustawalli, Kepala Desa/Keuchik Jambo Balee.

ACEH TIMUR, Jumat (26/02/2021) suaraindonesia-news.com – Anggaran Pendapatan Belanja Gampong (APBG) Tahun Anggaran 2020 Desa Jambo Balee, Kecamatan Indra Makmue, Kabupaten Aceh Timur terdapat sejumlah keanehan dan kejanggalan, hal itu berdasarkan penelusuran di Aplikasi SID (Sistem Informasi Desa).

Ada beberapa item kegiatan yang di posting pada aplikasi SID terdapat kejanggalan dan keanehan pada alokasi kegiatan fisik atau pembangunan infrastruktur, diantara Pengerasan jalan usaha tani dengan pagu Rp 2.734.000, Kegiatan Pembangunan Jembatan milik desa volume 4 x 7 m Dusun Alue Bunin dengan pagu Rp 766,000, Rahab rumah sebesar Rp 1.28.000 dan Pembangunan jembatan Dusun Alue Bunin 2×6 m sebesar Rp 2,688.000.

Selanjutnya Kegiatan rehabilitasi barak dengan Pagu Rp 103.000 dan Kegiatan Rehabilitasi Balai TPA Dusun Alue Drien sebesar Rp 228,600.

Keuchik Jambo Balee Mustawali saat dikonfirmasi tidak mengetahui tentang adanya alokasi dana di APBG tahun 2020 terjadi kejanggalan, sebab beradasarkan recofusing APBG tahun 2020 tidak ada lagi program fisik karena sudah dialihkan untuk BLT dan Opesional pencegahan Covid-19.

Yang ada kegiatan fisik pembagunan talud jalan sebesar Rp 23 juta, dana ini pun diambil dari dana BLT, karena tidak cukup membayar BLT untuk 3 bulan terakhir(Oktober, November dan Desember).

“Karena tidak cukup membagi untuk dana BLT 3 bulan terakhir dengan jumlah KPM 162 orang, maka sisa dana BLT kita bangun talud jalan,” jelas Mustawali.

Mustawali mengatakan Soal data APBG di SID itu Sekdes yang mengetahui nya dan bisa menjelaskan nya, kalau bukan salah input mungkin untuk membayar jasa biaya yang membuat RAB.

Sebagaimana diketahui, Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) adalah sistem olah data dan informasi berbasis komputer yang dapat dikelola oleh pemerintah dan komunitas desa yang berbentuk online dan offline.

Perangkat aplikasi SID sebagai sarana akses informasi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang akurat dan akuntabel tentang pengelolaan dana desa serta sebagai bentuk keterbukaan publik.

Reporter : Masri
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *