Rain Harvest Dari Rumah Zakat Bersama FPRB Pamekasan Jadi Solusi Saat Kekeringa Air Bersih

oleh -22 views
Kolaborasi Rumah Zakat, FPRB Jatim, FPRB Pamekasan Untuk Mengurangi Dampak Kekeringan dan Banjir di Pamekasan.

PAMEKASAN, Jumat (26/02/2021) suaraindonesua-news.com – Rain Harvest Ini untuk menampung air hujan dan di olah agar bisa di kinsumsi oleh masyarakat, telah hadir menjadi solusi kepada warga sekitar soal bagaimana mendapatkan air bersih dengan air hujan saat musim kemarau.

Rumah Zakat yang bekerja sama dengan FRPB Jawa timur dan FRPB Pamekasan, memberikan bantuan Rain Harvest kepada Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan.

Perwakilan dari Rumah Zakat, Norman menjelaskan, prinsip kerja dari Rain Harvest merupakan pemanfaatan dengan menampung air hujan disimpan sebagai persediaan di kala musim kemarau melanda sehingga air di dalam tandon tersebut bisa dikonsumsi.

“Dan di musim hujan kali ini adalah waktu yang sangat tepat untuk menerapkan program Rain Harvest, di mana nantinya saat curah hujan yang cukup tinggi memungkinkan warga untuk menyimpan air hujan. Nantinya air hujan akan disaring dengan saringan sederhana yang telah dimodifikasi lalu ditampung sebanyak-banyaknya di tangki air yang telah kami sediakan,” kata Norman.

Rain Harvest selain bisa memisahkan air hujan dari kotoran-kotoran yang mungkin terbawa, juga agar memungkinkan air hujan yang ditampung tidak akan menimbulkan bau ketika disimpan dalam jangka waktu yang lama.

“Dengan bahan-bahan penyaring yang mudah didapat juga akan memungkinkan masyarakat untuk memodifikasi cara kerja Rain Harvast  ini untuk bisa diterapkan di rumah warga masing-masing,” harap Norman.

Norman berharap, pihaknya bersama FPRB Jawa Timur, BPBD Pamekasan, dan juga FPRB Pamekasan ke depannya untuk menginisiasi program tersebut di tempat lain di wilayah terdampak bencana air bersih di Pamekasan.

“Sementara ini masih 1 Rain Harvest dengan kapasitas 5.300 liter dan diharapkan bisa menjadi motor pertama di wilayah Pamekasan,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua FPRB Pamekasan Budi Cahyono mengucapkan terima kasih kepada Rumah Zakat dan FPRB Jawa Timur yang telah memberikan bantuan Rain Harvest dalam menghadapi musim kemarau mendatang.

“Rain Harvest ini nantinya bisa bermanfaat bagi warga di desa-desa yang tiap tahun terdampak kekeringan air bersih,” kata Budi Cahyono.

Kata Budi, Program menampung dan menyimpan air hujan sebagai persediaan musim kemarau yang mungkin tidak kita pikirkan sebelumnya. Namun dirinya berharap, Semoga program ini menjadi solusi bagi kami untuk menghadapi musim kemarau yang akan datang.

Reporter : My
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *