Angin Kencang, Harga Ikan Melambung

oleh -13 views
Aktivitas jualan ikan di pasar Kecamatan Rubaru, Kabupaten Semenep, Provinsi Jawa Timur.

SUMENEP, Sabtu (06/02/2021) suaraindonesia-news.com – Harga ikan laut di sejumlah pasar Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, naik dua kali lipat dari harga sebelumnya. Kenaikan ikan laut dipicu karena cuaca esktrem berupa angin kencang beberapa hari terakhir.

Pantauan beberapa hari terakhir di sejumlah pasar yang ada di Kabupaten Sumenep, sama-sama mengalami kelangkaan Ikan segar dan mengalami kenaikan harga yang cukup mahal dari sebelumnya.

“Cuaca ekstrem berupa angin kencang membuat stok ikan atau pasokan ikan dari para Nelayan terbatas, sehingga harga ikan di pelelangan pasar dan pengecer mengalami kenaikan dibandingkan biasanya,” kata pengecer ikan segar, Abdul Syakur (40).

Pantauan sepekan terakhir, stok ikan berkurang. Hal itu disebabkan karena kurangnya hasil tangkapan nelayan akibat musim ombak dan angin kencang yang terjadi selama sepekan terakhir ini.

Para nelayan dalam sepekan terakhir memilih tidak melaut, karena cuaca ekstrem. Ini disebabkan angin kencang dan gelombang sehingga harus diwaspadai. Saat cuaca tidak mendukung para nelayan tidak mau mengambil resiko untuk melaut.

Nur Faizah pembeli ikan dipasar Rubaru Menjelaskan, harga ikan tongkol ukuran sedang yang biasanya dijual seharga Rp15.000/Ekor kini harganya Rp 30.000-35.000/Ekor.

“Sebenarnya saya biasanya ke pelelangan ikan, dengan harapan harga ikan lebih murah daripada di pasar. Namun ternyata mahal juga atau tidak seperti hari-hari biasa,” sambungnya.

Reporter : Sudirman
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *