4.495 Penduduk Nias Utara, Didaftarkan Menjadi Peserta PBI-APBD

NIAS UTARA, Senin (11/2/2019) suaraindonesia-news.com – Dalam rangka memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat yang tidak mampu, Pemerintah Kabupaten Nias Utara kembali mendaftarkan penduduknya menjadi Peserta JKN-KIS.

Langkah bijak ini diambil oleh Pemerintah Nias Utara sebagai wujud dan tanggung jawab pemerintah daerah dalam memberikan perlindungan kesehatan dan mewujudkan kesejahteraan bagi penduduknya.

Sebanyak 4.495 penduduk yang tidak mampu didaftar kepada BPJS Kesehatan lewat penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Utara dengan BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli, Senin (11/02).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli, Harry Nurdiansyah menyampaikan ucapan terima kasih sekaligus apresiasi kepada Pemerintah Nias Utara yang telah mendaftarkan masyarakatnya menjadi peserta JKN-KIS segmen PBI-APBD.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi luar biasa kepada Pemerintah Kabupaten Nias Utara atas konsistensinya mendaftarkan masyarakat yang tidak mampu menjadi peserta JKN-KIS segmen PBI-APBD,” kata Harry.

Menurutnya, ini merupakan langkah yang sangat baik dan bermanfaat bagi masyarakat yang tidak mampu. Dengan didaftarkannya penduduk yang tidak mampu menjadi peserta segmen PBI-APBD, artinya Pemerintah Kabupaten Nias Utara turut memberikan perlindungan hak asasi manusia yaitu hak untuk sehat bagi penduduknya. Disisi lain, Pemerintah Nias Utara telah mendukung keberlangsungan Program JKN-KIS dan mendukung program strategis pemerintah pusat.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Nias Utara yang tahun ini tetap menjaga capaian luar biasa dibidang Jaminan Kesehatan Nasional, yaitu Universal Health Coverage,” tuturnya.

Ia berharap, Universal Health Coverage yang telah dicapai oleh Pemerintah Kabupaten Nias Utara, dapat terus dipertahankan demi terwujudnya kesejahteraan kesehatan bagi masyarakat di Kabupaten Nias Utara, yang muaranya akan meningkatkan produktifitas masyarakat dan kesejahteraan Kabupaten Nias Utara.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Utara, Samuel Zega menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPJS Kesehatan yang tetap konsisten dan senantiasa meningkatkan kualitas Program JKN-KIS.

“Program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan telah berdampak besar bagi keberlangsungan Negara Indonesia, khususnya dalam hal kesejahteraan kesehatan bagi masyarakat,” terangnya.

Ia mengatakan, tidak dapat dipungkiri lagi, kelahiran Program JKN-KIS membuat masayarakat memiliki jaminan kesehatan, tanpa melihat status ekonomi. Jika selama ini masayarakat yang tidak mampu sulit mengakses layanan kesehatan karena tidak memiliki jaminan kesehatan, kini dengan iuran yang terjangkau dan bersifat sosial, hampir seluruh masyarakat Indonesia memiliki jaminan kesehatan.

“Tentunya hal ini merupakan salah satu keberhasilan BPJS Kesehatan dalam menjalankan Program JKN-KIS. Pada kesempatan ini, kami juga menyampaikan bahwa Kabupaten Nias Utara kembali mendaftarkan masyarakat tidak mampu menjadi peserta JKN-KIS segmen PBI-APBN,” ujarnya.

Ia mengaku, pihaknya telah mendaftarkan masyarakat tidak mampu, sebanyak 4.495 penduduk. artinya Kabupaten Nias Utara tetap mempertahankan predikat Universal Health Coverage yang telah di raih pada Tahun 2018.

“Tentunya kami berharap, dengan terdaftarnya penduduk tidak mampu menjadi peserta JKN-KIS dapat meningkatkan kesejahteraan kesehatan bagi masyarakat dan mengurangi beban ekonomi masyarakat yang tidak mampu mendaftarkan dirinya menjadi Peserta JKN-KIS,” tutupnya.

Reporter : Topan
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here