30 Perguruan Tinggi Ikuti Edufair MGBK Kota Batu 2019

Stan Pameran pendidikan yang belangsung di Batos kota Batu

KOTA BATU, Selasa (8/1/2019) suaraindonesia-news.com – Sebanyak 30 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se Jawa, Selasa (8/1/2019), mengikuti Education Fair (Edufair) atau Pameran pendidikan Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) kota Batu 2019 yang berlangsung di Mall Batos Kota Batu.

Agus Bintoro ketua Pelaksana Edufair MGBK kota Batu 2019 mengatakan bahwa digelarnya Edufair MGBK kota Batu 2019 agar anak-anak siswa kelas XII yang akan melanjutkan ke Perguruan Tinggi mendapatkan informasi langsung dari sumbernya yakni dari Perguruan Tinggi.

“Tujuannya digelar acara ini adalah untuk memediasi antara siswa dengan penyelenggara pendidikan, dalam hal melanjutkan yang lebih spesifik dan minatnya,” kata Agus Bintoro.

Kata dia, ada Sekitar 3000 siswa yang rata-rata kelas XII dari 35 sekolah SMA/SMK/MA di kota Batu dan sekitarnya itu ingin mendapatkan informasi yang diperoleh dari perguruhan tinggi maupun lembaga professional yang mengikuti pameran selama pameran, mereka ingin mendapatkan informasi mulai awal pendaftaran mahasiswa baru hingga selesai kuliah dan besarnya biaya yang dibutuhkan.

“Selain itu, pameran pendidikan ini, juga sebagai edukasi dan sebagai media informasi, langsung dari sumbernya, karena kalau kita menyampaikan di forum resmi anak-anak cenderung bosan, dengan melihat pameran seperti ini mereka bisa menjadi sarana rekreasi, jalan-jalan di mall,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt Kepla Dinas Pendidikan kota Batu Eny Rachayuningsih bahwa pameran pendidikan ini adalah memberikan informasi kepada anak kelas XII SMA MA SMK untuk memilih dan memilah untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya sebelum memasuki dunia kerja.

“Ini diharapkan anak-anak dapat memiliki wawasan yang lebih dalam memilih perguruan tinggi yang mereka kehendaki. Dalam pameran itu Ada 30 Perguruan tinggi baik swasta maupun negeri, Malang Surabaya, Jombang, Kediri Tulung Agung Gresik dan Yogyakarata. Mereka dapat memilih dan memilah untuk melanjutkan kemana,” Kata Eny.

Hal ini juga diharapkan anak-anak dapat memiliki wawasan dan pengetahuan serta kemampuan yang dimiliki Sehingga ketika mereka lulus sekolah, tidak lagi bingung dalam memilih melanjutkan ke perguruan tinggi. Menentukan terakhir ke jenjang belajar sebelum masuk dunia kerja.

Sedang Irnanda, siswa kel XII MAN Kota Batu mengaku senang dengan digelarnya pamereran pendidikan MGBK kota Batu 2019 karena dapat mempermudah penddiikan selanjutnya, ke jenjang berikutnya.

“Dapat memilih mana yang cocok sesuai yang dikehendakinya,” Jelasnya.

Reporter : Adi wiyono
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here