Zulfahmi Hasan: Syarat Dilanjutkan Kontrak di Kemendes Semua TPP Aceh Wajib Miliki Sertifikasi Kompetensi

oleh -283 views
Foto: KPW Aceh, Zulfahmi Hasan didampingi Korkab P3MD Aceh Timur, pada acara Bimtek Sertifikasi kepada TPP Kab Aceh Timur.

ACEH TIMUR, Selasa (25/10/2022) suaraindonesia-news.com – Semua Tenaga Pendamping Profesional (TPP) wajib mengikuti kompetensi, selain meningkatkan kemampuan dan profesionalitas, sertifikasi kompetensi merupakan salah satu syarat wajib untuk dilanjutkan kontrak tenaga di Kemendes dan PDT.

Hal itu di sampaikan Ketua Asosiasi Pendamping Masyarakat dan Desa Nusantara (APMDN) Aceh, Zulfahmi Hasan, pada acara pembukaan Bimtek sertifikasi Pendamping Desa yang digelar selama 2 hari, mulai tanggal 25 hingga 26 Oktober 2022 di hotel yang berlokasi Idi Rayeuk Aceh Timur.

Menurut Zulfahmi, seluruh TPP Aceh wajib kompeten sebagai syarat untuk dilanjutkan kontrak sebagai TPP di Kemendesa.

“Semua TPP Aceh wajib menyandang status kompeten, dengan ini kita minta semua TPP serius menyiapkan dokumen portofolio yang akan diuji kompetensinya oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) nantinya,” ujar Zulfahmi, Selasa (25/10).

Selanjutnya, kata Zulfahmi, kegiatan Bimtek ini dilaksanakan guna mempersiapkan kemampuan PLD.

Dalam mengikuti uji kompetensi sesuai dengan Permendesa Nomor 19 Tahun 2020 dan Kepmendes Nomor 114 Tahun 2022 Tentang Sertifikasi.

Bimtek tersebut sangat penting, mengingat para PLD masih banyak yang belum memahami tentang sistematika penyusunan portofolio,

“Bukti-bukti apa saja yang harus dikumpulkan dan output apa saja yang diharapkan pada setiap Kriteria Unjuk Kerja (KUK). Dalam Bimbingan teknis ini,” Zulfahmi.

Zulfahmi yang juga Kordinator Profesional Wilayah (KPW) Prov Aceh itu mengungkapkan, bahwa nantinya tim asesor akan di uji secara mendetailkan, ada 8 unit kompetensi pada skema Pendamping Lokal Desa (PLD).

“Dari sekarang PLD harus menyiapkan berkas portofolio yang dibutuhkan saat uji kompetensi pada pertengahan November mendatang,” terangnya.

“Tahun ini Aceh mendapat kuota sebanyak 270 orang PLD yang akan diuji kompetensinya,” sebut Zulfahmi lebih lanjut.

Sementara itu, Ketua APMDN Aceh Timur, Abu Yus mengatakan, kegiatan Bimtek penting diikuti oleh semua TPP di Kabupaten Aceh Timur .

“Semua TPP berkompeten sesuai yang diharapkan,” harap Abu Yus.

Abu Yus juga meminta kepada semua TPP untuk dapat memanfaatkan momen ini sebagai peluang dan serius mempersiapkan dokumen yang diperlukan.

“Kita akan terus memantau dan memberikan konsultasi dalam setiap proses,” katanya.

Diketahui, kegiatan Bimtek yang dilaksanakan selama 2 hari tersebut dibagi tiga kelas dan diikuti sebanyak 113 dari jumlah total 125 PLD.

Pemateri yang di hadirkan adalah Pengurus APMDN Aceh, Maulizan yang juga sebagai Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) Provinsi Aceh.

Kemudian, Pengurus APMDN Kabupaten Aceh Timur, Muhammad Khadafi Barawas, yang juga sebagai Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Aceh Timur.

Reporter : Masri
Editor : M Hendra E
Publisher : Nurul Anam

Tinggalkan Balasan