Yonif Raider 509 Semarakkan Asian Para Games di Jember

oleh
Danyon Raider 509, La Ode menonton para atlit tuna netra yang sedang bertanding catur. (Foto: Guntur Rahmatullah)

JEMBER, Sabtu (13/10/2018) suaraindonesia-news.com – Puluhan penyandang disabilitas terlihat bersemangat mengikuti kompetisi lomba olahraga bertajuk
“Paralympian Games 2018” yang diselenggarakan oleh kesatuan Yonif Raider 509 Kostrad bersinergi dengan National Paralympic Commitee Jember, Sabtu (13/10/2018).

Ada tiga cabang olahraga yang diperlombakan kali ini, di antaranya catur, tenis meja, dan bulu tangkis.

Komandan Yonif Raider 509 Kostrad, Letkol. Inf. La Ode Muhammad Nurdin mengatakan bahwa kompetisi ini guna menyemarakkan perhelatan Asian Para Games 2018.

“Indonesia sebagai tuan rumah Asian Para Games 2018 dimana hari ini adalah penutupannya, juga selaras dengan Program Pemerintah Kabupaten Jember sebagai Kota Ramah Difabel, oleh sebab itu kami menyelenggarakan kompetisi olahraga difabel ini,” kata Danyon La Ode di sela-sela kompetisi lomba berlangsung.

Danyon La Ode akan menjadikan kompetisi olahraga difabel ini sebagai acara tahunan, dimana ke depannya akan ditambah cabang olahraga baru seperti atletik, renang serta tolak peluru.

“Kami telah berkoordinasi dengan para guru Sekolah Luar Biasa (SLB) yang kali ini mendampingi para muridnya berkompetisi, ke depannya kami akan sinergi, jadi kami sediakan tempat olahraganya untuk mereka,” imbuhnya.

Salah satu guru pendamping dalam kompetisi ini, Rubaiyah mengatakan bahwa pihak sekolah mengapreasiasi program kesatuan Yonif Raider 509 untuk ramah difabel. Dia membawa 6 siswanya mengikuti kompetisi ini.

“Murid-murid kami senang diajak lomba, meski pun dia tidak begitu bisa tapi dia berusaha bisa,” kata Rubaiyah, guru olahraga SLB Negeri Patrang Jember.

Dengan perhelatan ini, dia berharap membawa jam terbang lebih tinggi bagi murid-muridnya sebagai atlit professional.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Agira
Publisher : Imam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *