World Animal Day, Batu Secret Zoo Perkenalkan Anakan Gajah dan Orangutan

World Animal Day, Batu Secret Zoo Perkenalkan Anakan Gajah dan Orangutan

KOTA BATU, Rabu (4/10/2017) suaraindonesia-news.com – Batu secret zoo Jatim Park 2, Rabu (4/10) siang memperkenalkan anakan Gajah dan anakan orangutan dihadapan ratusan pengunjung. Moment peringatan hari hewan sedunia (World Animal Day) itu selain disaksikan oleh pengunjung dari wisatawan lokal juga disaksikan oleh wisatawan manca negara asal Korea Selatan dan Australia.

Adam Marketing Jatim Park group mengatakan bahwa anakan gajah dan anakan orangutan itu diperkenalkan di hadapan pengunjung baru pertama kali, lantaran gajah asal Sumatra dan orangutan itu telah memiliki anakan sejak tiga bulan lalu.

“Anakan Gajah Sumatera ini lahir di Batu Secret Zoo itu 7 Juli lalu. Sedang anakan orangutan lahir pada 24 Juli 2017 lalu dengan penambahan jumlah itu, koleksi hewan di Batu Secret Zoo jumlahnya sudah mencapai ribuan,” Kata Adam saat ditemui, Rabu (4/10).

Iklan Lowongan Jurnalis

Menurutnya, dengan penambahan koleksi hewan yang tergolong langka ini membuat Batu Secret Zoo memiliki kebanggaan sendiri.

“Dengan penambahan koleksi satwa itu, bagi kami memiliki kebanggan tersendiri , karena kami telah sukses mengembangbiakkan satwa akademik Indonesia yang juga termasuk satwa langka di dunia,” jelasnya.

Sementara itu drh. Roosy Margaretha Dokter hewan jatim Park 2 mengatakan anakan hewan orangutan dan gajah Sumatra itu sekarang dalam kondisi sehat, normal dan lancar keluar dari induknya , lantaran tim dokter yang telah menangani gajah itu selalu dilakukan monitoring.

“Alhamdulillah kelahirannya lancar sekali, pada saat lahir juga normal dengan berat badan 80 kilogram, tinggi badan 78 cm, setelah dilakukan cek juga tidak banyak masalah, dokter sudah melakukan pengecekan,“ kata Rossy.

Induknya, kata Rossy diberi nama tira, dengan pejantan andalas yang dilakukan perkawinan secara alami, dengan masa buting selama 22 bulan hingga dua tahun.

“Setiap ada perkawinan tim dokter selalu dilakukan recording pencatatan–pencatan dan terakhir perkawinan dilakukan pada sepetember 2017,” ungkapnya.

Untuk penangan hewan langka itu pihaknya mendatangkan dokter hewan dari Jerman, hal tersebut untuk menghindari kepunahan atau kematian. Dan ia menyebut koleksi Gajah di Jatim Park 2 itu berasal dari Asia yakni dari Sumatra, sedang di dunia ini ada dua jenis Gajah langka yakni dari Asia dan Afrika. (Adi Wiyono)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here