Wawalkot Akan Pecat ASN Tak Masuk Kerja Lima Hari Tanpa Keterangan Usai Cuti Lebaran

oleh -82 views
Wiwik, Kepala BKP SDM Memakai Jilbab, Foto: Adi Wiyono/SI

KOTA BATU, Senin (3 Juli 2017) suaraindonesia-news.com – Pemkot Batu akan memberikan sanksi tegas kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak masuk kerja di hari pertama usai cuti lebaran. Demikian diungkapkan Wakil Walikota Batu Punjul Santoso usai saat ditemui Usai acara halal bi halal di Balai Among Tani Kota Batu, Senin pagi (3/7/2017).

Sanksi tegas tersebut menurut Punjul, selain penurunan pangkat juga bisa di kenakan sanksi pemecatan jika tidak masuk secara berturut –turut selama lima hari tanpa keterangan yang jelas.

“Pemkot Batu akan tegas mana kala ASN tidak masuk kerja tanpa alas an yang jelas akan dikenakan sanksi, bisa berupa penurunan pangkat hingga pemecatan, kecuali mereka yang sakit,” kata dia.

Ia tidak mengharapkan para ASN yang masuk kerja hanya absen elektronik saja, pagi datang absen kemudian sore kembali lagi absen. Sanksi itu akan turun stelah dilakukan absen, dari absen itu siapa yang tidak masuk nantinya akan dikenakan sanksi.

“Sanksi itu jelas, setelah ada libur panjang mereka menambah lagi, itu para ASN tahu sanksinya, mereka sudah pada membaca, tiga hari sanksia apa dan lima hari itu sanksinya apa mereka tahu,” Kata Punjul.

Adanya kabar pemkot akan memberlakukan sanksi jika tidak masuk hari pertama usai cuti lebaran, Ribuan ASN atau PNS dilingkungan Pemkot Batu, Senin pagi, saling berhamburan menuju lokasi digelarnya apel pagi di pelataran Balaikota Among Tani kota Batu
Mereka kwatir bakal terkena sanksi, jika tak mengikuti apel pagi apalagi apel kali ini dipimpin langsung oleh Walikota Batu Eddy Rumpoko.

Berdasarkan laporan absensi yang disetorkan ke Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKP SDM ) setempat, diketahui bahwa masih banyak ASN yang tidak hadir di hari pertama masuk kerja ini.

Namun demikian, hingga Senin sore, pihak BKP SDM belum bisa mengetahui pasti jumlah ASN yang tdak masuk kerja, dengan alas an karena belum di rekapitulasi, namun dari pantauan BKP SDM menyebut selain staf ada juga beberapa pejabat eselon yang juga tidak masuk kerja hari pertama usai cuti bersama.

Kepala BKP SDM pemkot Batu Wiwik Sukesi juga membenarkan, semua ASN yang tidak masuk kerja dan tidak ada surat ijin yang jelas maka akan diberi sanksi sesuai peraturan pemerintah tentang ASN.

Wiwik juga menyebut bahwa Di lingkungan Pemkot Batu jumlah ASN mencapai empat ribu lebih yang terdiri dari pegawai struktural yang bekerja dilingkungan balaikota dan pegawai fungsional seperti para guru.(Adi Wiyono)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *