Warga Jember Antusias Ikuti Bazar UMKM di Desa Suci

oleh -395 views
Bazar UMKM pada Festival Perempuan Berdaya. (Foto: Istimewa).

JEMBER, Sabtu (04/12/2021) suaraindonesia-news.com – Salah satu acara pada Festival Perempuan Berdaya yang diselenggarakan Koalisi Perempuan Indonesia Cabang Jember yaitu bazar. Bazar ini memamerkan produk UMKM para anggota KPI Jember yang digelar di halaman kantor Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember.

Ada 5 Balai Perempuan(BP) di bawah binaan KPI Jember, BP Sumbersari, BP Kepatihan, Kencong, Mojosari dan terakhir BP Suci Panti.

Berbagai produk yang dipamerkan seperti kerajinan tangan berupa anyaman bambu, olahan makanan, olahan minuman jamu herbal, barang hasil daur ulang sampah dan banyak lagi lainnya.

Salah satu peserta, Palupi Ningtyas membawa produk miliknya sendiri yaitu Sirup Rempah.

“Saya membawa minuman Sirup Rempah Husadai. Ada enam varian rasa tanpa pengawet dan penguat rasa dan pemanis buatan,” kata Palupi warga Kelurahan Tegalbesar.

Sirup berbahan alami itu dikemas dalam botol sehingga ramah lingkungan. Meski tanpa pengawet sirup jamu produknya mampu bertahan selama 6 bulan. Produknya sudah mendapatkan izin dan telah mengantongi P-IRT.

Selain itu ia juga membawa produk teman-teman KPI lainnya yang tidak bisa hadir langsung.

“Ada mie instan sehat tanpa pengawet, tanpa penguat rasa dan tanpa pewarna. Saya juga bawa abon, ada kopi, dan wco print (kain batik yang motifnya dari daun),” urai Palupi.

Dia menjelaskan mie instan sehat berbahan baku alami itu sudah terdaftar di BPOM dan mendapatkan sertifikasi halal. Mie yang lokasi usahanya di daerah Rembangan Jember setiap hari mampu diproduksi sebanyak 15-30 karton. Setiap karton berisi 280 bungkus. Harga konsumen ditetapkan Rp 7.000/piece.

“Ini satu-satunya di Jember mie instan dengan kemasan seperti ini. Kalau produk pabrikan seperti Lemonilo, dan mie ini saingannya,” katanya bangga.

Sementara itu Kepala Desa Suci, Akhmad Suyuthi, M.Pd.I, mengatakan pihaknya menyediakan tempat bagi acara Festival Perempuan Berdaya dan salah satunya adalah bazar.

“Memang benar KPI cabang Jember menggandeng kami mengadakan acara festival di sini. Acaranya tidak saja seminar tetapi juga ada pameran produk UMKM,” ungkap Kades yang sudah menjabat 2 periode itu.

Ia juga mengikutkan Bumdes Suci untuk terlibat aktif dalam pameran. Bumdes Mandiri Desa Suci memamerkan barang peralatan rumah tangga berbahan aluminium binaannya.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan