Wakil Walikota Langsa Kukuhkan Pengurus Dewan Kesenian Aceh

oleh -32 views
Wakil Walikota Langsa Dr H Marzuki Hamid MM. Menyampaikan kata sambutan pada saat pelantikan pengurus Dewan Kesenian Aceh (DKA) Kota Langsa periode 2021-2026 di Aula Setda kota Langsa. Kamis (15/7/2021).

LANGSA ACEH, Kamis (15/7/2021) suaraindonesia-news.com – Wakil Walikota Langsa Dr H Marzuki Hamid MM melantik sekaligus mengukuhkan pengurus Dewan Kesenian Aceh (DKA) Kota Langsa periode 2021-2026 di Aula Setda kota Langsa.

Pelantikan DKA kota Langsa turut dihadiri Ketua komisi II DPRK Langsa, Ratna Laila Sari, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Langsa, Suhartini, anggota MAA kota Langsa, Iskandar, Kapolsek Langsa Iptu Sabrani, Danramil 23/Lab Kapten Inf Suharianto dan sejumlah tamu undangan.

Wakil Walikota Langsa Dr H Marzuki Hamid MM dalam sambutannya mengatakan hadirnya DKA di Kota Langsa harus menjadi wadah para pelaku seni untuk memajukan seni yang ada di daerah Kota Langsa.

Semangat berkesenian orang Aceh sangat tinggi, karena itu perlu pembinaan dan dukungan yang terus menerus agar tata kelolanya berjalan dengan baik.

“Saya berharap DKA bisa mengkoordinasi ini semua, melalui berbagai aktivitas, kreativitas, dan manajemen seni yang baik,” ujar Marzuki Hamid.

Menurutnya, saat ini banyak masyarakat di luar Aceh yang begitu tertarik dengan kesenian Aceh hingga mempelajari dan mementaskannya. Namun ada sebagian generasi muda di Aceh yang cenderung menganggap seni tradisional sudah ketinggalan zaman, bahkan lebih tertarik dengan tayangan televisi yang menyuguhkan kesenian seni modern.

“Dalam kondisi ini kita butuh motor untuk mendorong agar seni lokal dapat berdaulat di daerah sendiri, kuncinya pada kita semua dan DKA harus berperan,” katanya.

Selain itu, ia juga menegaskan bahwa tugas pemerintah hanya bersifat memfasilitasi dan mendorong, selebihnya diperlukan eksistensi ektra dan peran pengurus DKA itu sendiri.

“Aceh memiliki nilai keistimewaan dalam dunia kesenian. Oleh karena itu, saya mengajak kita semua fokus dalam mengembangkan kesenian di Aceh. DKA harus bekepentingan dalam mengembangkan nilai kesenian di Aceh, yang selama ini terkesan bahwa kesenian Aceh dinomor belakangkan. Jadi ke depan, kita harapkan DKA dan para seniman untuk mengembangkan nilai kesenian di Aceh,” tuturnya.

“Selamat atas pelantikan ini, semoga kesenian di Kota Langsa semakin berjaya,” ucap wakil walikota.

Sementara Ketua DKA Kota Langsa terpilih, Freddy Alam Sujaya dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada pemerintah kota Langsa yang telah mendukung kegiatan pelatihan tersebut.

“Saya ucapkan terimakasih kepada bapak wakil walikota Langsa atas dukungan Pemko Langsa sehingga DKA kota Langsa dapat melaksanakan berbagai kegiatan termasuk pelantikan, sinergitas ini agar terus berlanjut demi kemajuan kesenian Aceh di masa akan datang,” kata Freddy.

Reporter : Rusdi Hanafiah
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *