Wabup Abdya Nilai Perkembangan Zaman Sudah Jauh dari Nilai Keacehan

oleh -41 views
Wakil Bupati Muslizar. MT Berpakaian Adat Aceh saat pembukaan pembinaan adat  dipendapa Wabup.

ACEH-ABDYA, Kamis (29/8/2018) suaraindonesia-news.com – Identitas adat istiadat, pegangan, dan tujuan hidup masyarakat Aceh umumnya sudah jauh dari nilai-nilai keacehan seiring dengan perkembangan zaman.

Pernyataan itu disampaikan wakil bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Muslizar MT saat membuka kegiatan pembinaan adat seumapa jame, narit maja, dan meunasib dalam Kabupaten Abdya yang diadakan oleh Majelis Adat Aceh di halaman Pendapa Wabup Selasa malam.

Menurutnya, adat istiadat merupakan rangkaian nilai-nilai sosial yang tumbuh kembangnya mengakar dalam kehidupan masyarakat. “Suatu adat yang kokoh akan melahirkan kearifan lokal yang dapat mendorong gerak laju pembangunan,” sebut Wabup Muslizar.

Ditegaskannya, masyarakat sering terkecoh dengan hal-hal baru sehingga dengan mudah memberikan nilai positif dan mengikuti adat-istiadat baru yang bertentangan dengan aturan dan adat istiadat di Aceh.

“Kita tidak bisa membiarkan kondisi seperti ini terus berlanjut, perlu kiranya kita melestarikan dan mengaktualisasikan nilai-nilai adat bagi keberlangsungan hidup generasi muda sekarang maupun di masa yang akan datang,” tegas Wabup Muslizar.

Ia juga berharap para peserta bisa menyebarluaskan apa yang didapat selama kegiatan sehingga terjadinya penyebaran informasi di masyarakat.

“Mate aneuk meupat jirat, gadoh adat pat tamita. Tameng sarang sareng, peutheng lhop lam bara, hudep Meu harekat, adat meuagama,” tuntasnya.

Pantauan media ini, kegiatan tersebut turut dihadiri, ketua MAA Aceh, H. Badruzzaman Ismail, SH, M.Hum, ketua bidang Adat MAA Aceh, Drs. H. Azhari Basar, Kapolres Abdya diwakili Iptu Mardiansyah, Dandim 0110 diwakili Serka Hesvia, sekretaris MAA Abdya, Syaful Azhar, SE, MPU diwakili Ust. Nawi, Baitul Mal, wahyu satria, SPI, KNPI Afzal, SH dan mukim, ketua forum keucik Abdya, tamu undangan  dari A.selatan, Nagan Raya, A, Barat serta undangan lainnya.

Reporter : Nazli.Md
Editor : Agira
Publisher : Imam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *