Upaya Bersama Majukan Kopi Jember Melalui Holistic Coffee Expo 2021

oleh -399 views
Holistic coffee expo 2021 merupakan salah satu tindak lanjut kerjasama Pemkab Jember dengan Puslitkoka Indonesia sebagai upaya memajukan kopi Jember. (Foto: Dok. Pemkab Jember)

JEMBER, Rabu (01/12/2021) suaraindonesia-news.com – Pusat penelitian kopi dan kakao Indonesia (Puslitkoka Indonesia) berkolaborasi dengan Pemkab Jember dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember menyelenggarakan Holistic Coffee Expo 2021 bertajuk Bangga Kopi Nusantara. Acara ini merupakan acara tahun kedua yang dilaksanakan guna mengangkat potensi kopi Jember kepada dunia.

Selain itu, juga sebagai ajang pertemuan antara produsen dan buyer (pembeli) untuk saling bertransaksi secara ekonomi. Juga mengenalkan beragam kopi nusantara.

Kepala Puslitkoka Indonesia, Dr. Agung Wahyu Susilo dalam sambutannya menyampaikan, melalui acara ini diharapkan ada peningkatan kualitas produksi serta konsumsi kopi di Indonesia, sehingga dapat berdampak signifikan terhadap perekonomian bangsa.

Agung mengungkapkan, saat ini negara-negara di Eropa, sudah melebihi 5 kilogram per kapita per tahun, sedangkan di Indonesia 1,5 kilogram per kapita per tahun.

Untuk Kabupaten Jember memiliki total penduduk sejumlah 2,5 juta jiwa lebih, apabila perkapita dapat meningkat konsumsi kopi sebesar 2 kilogram per tahun maka akan berdampak signifikan terhadap kemakmuran Indonesia.

“Melalui even ini kita mengupayakan untuk terus meningkat,” ungkap Agung pada pembukaan Holistic Coffee Expo 2021 yang diselenggarakan secara virtual, Rabu (01/12/2021).

Acara ini akan berlangsung sampai 16 desember 2021, di antaranya tertera dalam tabel berikut ini:

Sambutan Kepala Puslitkoka Indonesia, Dr. Agung Wahyu Susilo pada Holistic Coffee Expo 2021

 

Bupati Jember Hendy Siswanto menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya Holistic Coffee Expo 2021 sebagai upaya bersama mengangkat potensi kopi Jember.

“Pemkab Jember akan senantiasa mendukung seluruh program pengembangan kopi Jember sebagai komoditas pendukung ekonomi nasional, semoga melalui even ini memberikan manfaat yang besar bagi Jember dan Indonesia, yuk sudah saatnya ngopi bareng di Kabupaten Jember,” ungkap Hendy Siswanto meresmikan acara Holistic Coffee Expo 2021.

Sekilas Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia

Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia didirikan pada 1 Januari 1911 dengan nama waktu itu Besoekisch Proefstation. Setelah mengalami beberapa kali perubahan baik nama maupun pengelola, saat ini secara fungsional Puslitkoka berada di bawah Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Departemen Pertanian Republik Indonesia, sedangkan secara struktural dikelola oleh Lembaga Riset Perkebunan Indonesia.

Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia hanya ada satu di Indonesia yakni berlokasi di Jalan PB. Sudirman Nomor 90 Jember, Jawa Timur.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

 

 

Tinggalkan Balasan