Unej Akan Jadikan Burno, Pilot Project Desa Wisata Lumajang

oleh -166 views
Kondisi jalan Desa Burno menuju Gunung Semeru

LUMAJANG, Jumat (13/9/2019) suaraindonesia-news.com – Ketua Kelompok Riset (Keris) Disaster and Nursing Studies (Densus) Universitas Jember (Unej) Kampus Lumajang, DR H Suhari, A Per Pen, MM, menyampaikan kalau Desa Burno akan dijadikan pilot project wisata edukasi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Menurutnya, pihaknya akan mencoba memandirikan masyarakat setempat dengan membuat Sekolah Desa.

Dimana pada Sekolah Desa tersebut, juga ikut memberikan strategi pemasaran produk olehan masyarakat Desa Burno dan sekitarnya.

“Selain itu, Selokah Desa juga menargetkan adanya wisata edukasi,” katanya saat ditemui awak media kemarin.

Kenapa dipilih Desa Burno, sebab desa tersebut adalah Basic Planning sebagai jalur menuju Gunung Semeru. Namun akses jalur tersebut belum menjual.

“Kami juga akan membangun edukasi di jalan sepanjang Desa Burno menuju Gunung Semeru,” ungkapnya.

Hari menginginkan keberadaan pihaknya bisa dimanfaatkan masyarakat, agar bisa difasilitasi oleh beberapa sektor, dan saling terkait dalam mewujudkan visi misi.

“Menggandeng dinas terkait, kami berencana melaunching Desa Wisata Burno ini,” ujarnya.

Sebenarnya, masih banyak potensi untuk dikelola, sebagai bentuk wisata edukasi, bagi pelajar dan umum. Namun kata Hari target utama adalah pelajar.

“Akomodasi jalan disitu masih kalah saingan dengan Malang. Padahal SDM dan SDA yang bagus ada disini, tapi belum bisa menjual keluar,” paparnya.

Targetnya pada segmen pelajar, bahwa Sekolah Desa ini, dari untuk oleh desa. Kegiatan untuk bertani dan beternak sesuai KS3. Mengembangkan pemasaran produknya, secara online. Cara bertani dan bercocok tanam yang milenial, 4.0.

“Untuk edukasinya bekerjasama dengan fakultas pertanian. Menggabungkan dengan mentor nasional yang dimiliki Desa Burno,” pungkasnya.

Reporter : Fuad
Editor : Amin
Publiser : Marisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *