Tuntut Keadilan, Warga Desa Pamaroh Demo Kantor Pemkab Pamekasan

oleh
Sejumlah masyarakat pendukung Afif Amrullah, cakades Pamoroh no urut 01, mendatangi kantor Pemkab Pamekasan, Senin, (30/09/2019).

PAMEKASAN, Senin (30/09/2019) suaraindonesia-news.com – Hingga saat ini, pelaksanaan pilkades Desa Pamaroh, Kecamatan Kadur, Kabupaten Pamekasan, Madura, masih menimbulkan polemik. Pasalnya, Kades terpilih belum juga ditetapkan lantaran adanya dugaan kecurangan penggelembungan suara yang dilakukan oleh salah satu calon.

Hal itulah yang membuat sejumlah masyarakat pendukung Afif Amrullah, cakades Pamoroh no urut 01, mendatangi kantor Pemkab Pamekasan, Senin, (30/09/2019). Dari hasil perolehan surat suara, Afif Amrullah mendapatkan 1.777 suara, nomor urut 2 atas nama Syaifuddin Effendi memperoleh 57 suara dan nomor urut 3 atasnama Asy Ari meraih 1.783 suara.

Korlap aksi, Haidar, mengatakan, jika pihaknya meminta keadilan, terkait sengketa pilkades di desa pamaroh. Haidar mengatakan, ada kelebihan sekitar 18 surat suara yang menjadi penyebab munculnya sengketa tersebut.

“Ada dugaan ini permainan panitia,” terang Haidar.

Haidar menambahkan, jika ada bukti kecurangan lain seperti anak dibawah umur yang diperbolehkan menggunakan hak suara. Hal itu didapat dari salah satu saksi dan warga setempat.

“Jelas sudah pihak panitia berbuat curang dalam Pilkades Pamaroh ini. Maka dari itu kami mohon keadilannya,” ungkapnya.

Sementara itu, Wabup Pamekasan Raja’e mengatakan, bahwa dirinya sudah kordinasi dengan pihak Muspika, Muspida, Dandim, Polres dan Kejaksaan. Bahkan pihak pemerintah daerah pernah memanggil para saksi-saksi dari tiga calon.

“Saksi 1, 2 dan 3 sudah kami panggil semua. Jadi kami sudah denger dan sudah kita ketahui bersama kesaksiannya. Intinya ini harus menggunakan asas praduga terlebih dahulu, kedua menggunakan asas regulasi yang ada. Jadi ada aturannya semua,” ucap Raja’e.

Menurut Raja’e, masalah puas tidak puasnya warga dalam menanggapi hasil putusan, nanti bisa diselesaikan bersama. Rajae bahkan mengatakan, dan merekomendasikan kepada P2KD Pamaroh untuk dapat melanjutkan proses penetapan hasil pemilihan.

Reporter : May/Ita
Editor : Amin
Publisher : Marisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *