TNI AL Wilayah Timur Serentak Tanam 56.629 Bibitmangrove

oleh -129 views

Reporter: Cahya

Surabaya, Jumat (16/12/2016) suaraindonesia-news.com – Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur(Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H.,M.A.P didampingi Ketua DaerahJalasenastri Armatim Ny. Ina Darwanto, beserta ratusan Prajurit Koarmatimmelaksanakan penanaman mangrove sebanyak 5.000 dari 56.629 pohon mangrove yangditanam serentak oleh prajurit TNI AL Wilayah Timur jajaran Koarmatim, bertempatdi Kawasan Taman Wisata Kenjeran. Surabaya, Jum’at (16/12/2016).

“Kegiatan sosial penanaman mangrove ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Armada tahun 2016 yang bertemakan, Armada RI Pengawal Samudera Perekat Nusantara. Kegiatan ini sebagailangkah untuk memulihkan dan melindungi intregitas ekosistem sebagai upaya pemulihankonservasi di wilayah Surabaya dan sekitarnya melalu penanaman bibit pohonbakau (mangrove)”, ujar Pangarmatim saat wawancara dengan awak media.

Lanjutnya, sebagai negara kepulauan Indonesia merupakan salahsatu negara yang memiliki hutan mangrove terbesar di dunia, sekitar 3 jutahektare hutan mangrove di sepanjang 95.000 km pesisir Indonesia atau 23% darikeseluruhan ekosistem mangrove dunia. Keberadaan hutan mangrove memiliki peranyang penting dan manfaat yang besar bagi lingkungan sekitar khususnya bagipenduduk pesisir. Dari aspek biologis, hutan mangrove berfungsi sebagaistabilisator produktivitas sumber daya hayati wilayah pesisir yang akanberpengaruh terhadap perekonomian wilayah pesisir.

Selain itu, keberadaan hutan mangrove memiliki keistimewaan dalamberbagai hal, baik dari aspek fisik, ekologi, dan ekonomi. Dari aspek fisik, mangrovemampu menahan ombak, mencegah abrasi bahkan mampu meminimalisir kerusakan yangdiakibatkan oleh tsunami, sedangkan dari aspek ekologi, mangrove mampu berfungsisebagai filter.

Keterlibatan siswa-siswi dari SMK KAL Surabaya, Pangarmatim jugamengatakan bahwa fungsi TNI AL sebagai motivator, sehingga mengajak parapemuda, para pelajar dan pramuka untuk turut serta agar membiasakan dirimelaksan tugas-tugas mengikuti perkembangan negara kita, sehingga menjadipempimpi di masa yang akan datang yang peduli akan kelestarian lingkungan.

Diharapkan dengan kegiatanpenanaman pohon mangrove serentak yang dilaksanakan di seluruh Pangkalanjajaran Koarmatim dengan total bibit mangrove sebanyak 56.430 bibit merupakanlangkah awal untuk memulihkan dan melindungi kelestarian ekosistem sebagaiupaya pemulihan konservasi di wilayah timur Indonesia, Pangarmatim mengajakkepada seluruh masyarakat, untuk turut serta memelihara dan menjaga pohonmangrove yang akan kita tanam pada hari ini, agar dapat tumbuh dan berkembangdengan lebih baik, sehingga ke depan ekosistem dan biota laut dapat memberikanandil dalam meningkatkan kondisi ketahanan nasional pada tingkat yang semakinhandal, tegasnya.

Adapun pejabat yang hadir diantaranya, Kepala Staf Koarmatim (Kasarmatim)Laksamana Pertama (Laksma) TNI I.N.G. Ariawan, S.E.,M.M., Komandan Guspurlatim (Danguspurlatim)Laksma TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han), Komandan Lantamal (Danlantamal) VSurabaya Laksma TNI Edi Sucipto, S.E, Irarmatim Kolonel Laut (P) Eko GudhiWahyono, S.Sos., Koorsahli Pangarmatim Kolonel Mar Tory Subiyantoro, KetuaPanitia Kadispotmar Koarmatim Kolonel Laut (P) Imam Teguh Santoso, S.T., para PejabatUtama Koarmatim, para Komandan Satuan Jajaran Koarmatim, Pengurus DaerahJalasenastri Armatim dan para Siswa-siswi SMK KAL Surabaya serta Pramuka SakaBahari Wilayah Surabaya.

Tinggalkan Balasan