Tingginya Karbon Dioksida di Terminal, GTP Nanam Pohon di Terminal Bubulak

oleh -79 views
Inisiator GTP, Heri Cahyono (Topi hitam) didampingi alumni IPB, Suparno saat menanam pohon Kelapa.

BOGOR, Sabtu (07/03/2020) suaraindonesia-news.com – Penggiat Gerakan Tanam Pohon (GTP) tak henti hentinya memberikan kontribusi kepada Kota Bogor. Kali ini, penggiat GTP menanam pohon di Terminal Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Sabtu (07/03).

Kepala terminal Bubulak, Sumardono menyampaikan, kedatangan penggiat GTP menanam pohon di kawasan terminal Bubulak sangat positif, khususnya berkaitan dengan udara.

Menurut Sumardono, di setiap terminal itu pasti polusi udara yang dikeluarkan kendaraan berupa karbon dioksida sangat mengganggu pengguna kendaraan, untuk itu, dengan ditanamnya pohon oleh penggiat GTP, akan mengurangi polusi udara, karena daun pohon tersebut dapat mengeluarkan oksigen.

Bahkan kata Sumardono, Dinas Lingungan Hidup (DLH) sudah beberapa kali melakukan uji kadar polusi di terminal Bubulak.

“DLH sudah beberapa kali melakukan uji polusi diterminal ini, kalo banyak pohon maka udara semakin bagus, untuk informasi udara paling bagus dikota bogor ini, adanya di taman kencana,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, inisiator GTP, Heri Cahyono S.Hut, MM menyampaikan, penggiat GTP baru pertama kali menanam pohon di terminal Bubulak.

Menurutnya, diterminal Bubulak, tingkat produksi karbon dioksidanya sangat tinggi, karena diterminal itu volume keluar masuknya kendaraan sangat banyak.

“Oleh karena itu, dengan menanam pohon, karbon dioksida tersebut dapat diimbangi dengan oksigen yang di produksi oleh pohon, sehingga pengguna terminal seperti penumpang dan supir akan lebih merasa nyaman,” terangnya.

Heri menjelaskan, penanaman pohon di sebahagian lahan di kawasan terminal Bubulak ini hanya bahagian dari dorongan kontribusi agar pemerintah kota bogor menghijaukan kawasan terminal Bubulak agar lebih nyaman.

Ditambahkan alumni IPB angkatan 28 ini, jenis pohon yang ditanam di kawasan terminal Bubulak adalah jenis pohon buah buahan.

“Kita menanam sebanyak 25 pohon buah buahan dan ada juga pohon kelapa, semoga pohon yang ditanam ini dapat memberikan kontribusi buat lingkungan disini,” ujarnya.

Reporter : Iran G Hasibuan
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *