Terkonfirmasi Postif Covid-19, OKI Bertambah 28 Kasus

oleh -405 views
Juru Bicara Covid-19 OKI, Iwan Setiawan didampingi kadis Kominfo OKI saat pres rilis via virtual.

OGAN KOMERING ILIR, Selasa (26/5/2020) suaraindonesia-news.com – Gugus Tugas  Percepatan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) hari ini menyebutkan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah Bumi Bende Seguguk bertambah 28 orang. Warga diminta jangan panik dan patuhi anjuran pemerintah.

Informasi ini diungkap  Juru Bicara Covid-19 OKI, Iwan Setiawan didampingi kadis Kominfo OKI melalui pres rilis via virtual. Senin (25/5/2020).

Iwan menyebutkan untuk gambaran umum perkembangan terkini data covid-19 di wilayah Kabupaten OKI per 25/5/2020 untuk data PPT sebanyak 10.772 orang, selesai pemantauan sebanyak 9.222 0rang dan sebanyak 1.547 orang yang masih dalam pemantauan oleh petugas tim gugus Desa dan Kecamatan.

Untuk Odp sebanyak 99 orang, selesai pemantauan sebanyak 92 orang dan proses pemantauan  sebanyak 7 Orang. Pdp sebanyak 4 Orang, satu masih pengawasan. 3 selesai pengawasan.

Dikatakannya, data terkonfirmasi positif sampai hari ini bertambah 28 orang jadi total 59 kasus.

Lebih lanjut Iwan mengatakan, data 28 orang kasus ini telah diambil sampel swab pada tanggal 7 mei 2020 dan diperiksa pada tanggal 8 Mei di bblk Palembang.

“Hasil rilis  hari ini tanggal 25 mei 28 orang warga oki terkonfirmasi positif covid-19,” ungkapnya.

Dari hasil pengambilan sampel yang terkonfirmasi ini telah dilakukan isolasi dirumah masing masing sambel menunggu hasil swab keluar.

“Setelah 18 hari  masa inkubasi virus ini. Kepada seluruh lapisan masyarakat tidak perlu panik seluruh pasien terkonfirmasi telah isolasi, disiplin di bawah pengawasan  tim gugus desa dan kecamatan,” Jelas Iwan.

“Kami yakin tidak ada penularan terkonfirmasi terhadap orang-orang terkonfirmasi ini,” tambahnya.

Dikatakannya, ke 28 orang positif tersebut hasil kontak erat kasus 13  inisial MNM asal mesuji dan kontak erat kasus terkonfirmasi positif Kecamatan lempuing.

“18 hari yang lalu telah kita sampaikan pada seluruh yang diambil.sampel untuk isolasi mandiri, 18 hari isolasi mandiri maka dinyatakan aman. dan mudah-mudahan tidak ada data terkonfirmasi penularan dari 28 terkonfirmasi ini,” ungkapnya.

Iwan menambahkan, pada saat mengunjungi cek poin di Kecamatan dan odp center dengan ketua tim gugus Kabupaten OKI, Iskandar, setiap kesempatan menyampaikan bahwa Covid-19 belum ditemukan obat dan vaksinnya.

Oleh karena itu upaya yang dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat perlu adanya kesadaran dalam kita sendiri.

“Untuk berusaha mencegah menularnya covid-19 ini. Sadarilah, bahwa diri kita ini anggaplah sudah terpapar virus covid 19 ini. Ketika kita sudah menyadari itu, ada upaya dari kita masing-masing untuk melaksanakan tiga hal penting,” tuturnya.

“Ketika kita sudah menyadari kita terpapar walaupun kita negatif,” imbuhnya.

Adapun ketiga hal penting itu yakni, melaksanakan distancing yaitu menjaga jarak menjauhi kerumunan dan tinggal di rumah.

Kedua melaksanakan phbs perilaku hidup bersih dan sehat. perilaku mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir. Selanjutnya Memakai masker apabila keluar rumah dan menjaga kebersihan kita individu serta menjaga lingkungan sekitar kita. Agar ini penyakit dapat terhindar dari diri kita dan keluarga kita.

Ketiga menjaga gizi, untuk memperkuat imun tubuh. Agar dengan imun yang kuat bibit virus dapat kalah dengan imun tubuh yang baik.

Alexsander Kadis Kominfo OKI menambahkan, agar wabah korona ini khususnya kab oki dapat dikendalikan.

“Jangan berlebihan merayakan hari besar ini. Hindari silaturahmi yang berlebihan, jauhi kerumunan pada tempat tempat tertentu. Semoga kita semua dilindungi Allah SWT,” tutupnya.

Reporter : Firman
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *