Tari Topeng Kelana Udeng Sanggar Mimi Rasinah, Uji Kemahiran

oleh -228 views

INDRAMAYU, Jumat (21/12/2018) suaraindonesia-news.com – Seni tradisi tari topeng Indramayu telah mengarungi Asia dan Eropa, Keunikannya bukan sekedar menjadi pertunjukan, namun kesenian yang memerlukan keyakinan dan penghayatan, hal ini merupakan sikap yang sulit ditemui pada zaman sekarang.

Namun, teryata meski di tengah keadaan zaman yang krisis budaya seperti ini, masih bisa kita temui salah satu sanggar budaya pelestari Tarian Topeng Mimi Rasina, Banyak yang belajar mengenal Tari Topeng mulai anak-anak sampai orang dewasa meskipun Mimi Rasinah sekarang sudah berpulang sanggar tari topeng masih tetap ramai.

“Ujian kemahiran tari topeng tahun 2018 ini persiapannya mungkin sangat singkat sekali, karena melalui persetujuan dari orang tua murid, dan kita swadaya artinya anggarannya dari orang tua murid sanggar dalam melaksanakan acara ini,” ujar Edi Supriyadi, S. Pd ketua yayasan sanggar tari topeng.

Lanjut Edi, pihaknya memang sengaja memanggil tim penilai dari Bandung untuk meningkatkan kwalitas anak beserta murid sanggar topeng Mimi Rasinah agar kwalitas penari topengnya lebih baik lagi.

Sementara Kasi Kesenian Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Indramayu, Asep Ruchyat Soemantri, mengatakan, jika ia sangat bangga dengan semangat anak-anak dan juga dukungan orang tua sehingga menjadi berkembang.

“Mudah-mudahan sanggar Mimi Rasinah, sanggar Mulya Bakti, sanggar cinta damai mama Dargi, sanggar carpan menjadi salah satu Destinasi Wisata Budaya” ucapnya.

Asep berharap, semoga keberadaan sanggar-sanggar seni tradisi tari topeng dan kesenian adat yang lainnya berkembang di Indramayu dan bisa terkenal, sehingga suatu saat Indramayu menjadi salah satu tujuan Destinasi Wisata Budaya di Jawa Barat.

Menurut Indra Rachmat Yusuf, murid sanggar Mimi Rasinah baru saja usai melakukan ujian kenaikan tinggat.

“Saya kira sudah layak dengan tingkat tari yang dipelajarinya dan nampaknya keluarga Mimi Rasinah berhasil membina anak-anaknya sehingga mereka mampu menari apa yang diberikan dan diajarkan,” Ucapnya.

Lanjut dia. Suatu kebanggaan bagi bangsa kita bangsa Indonesia karena salah satu kesenian tari khususnya tari topeng gaya Indramayu terus dilestarikan dan terus berkembang.

Reporter : Anton/Sono
Editor : Amin
Publisher : Imam

Tinggalkan Balasan