Tanamkan Kesadaran Akan Lingkungan di Usia Dini, GTP Gandeng Penggiat Kampung Dongeng

oleh -210 views
Foto: Salah satu inisiator GTP Heri Cahyono (no 2 dari kiri) dan Ketua kampung dongeng bogor raya Kak Ansori (no 3 dari kiri)

BOGOR, Minggu (17 September 2017) Suaraindonesia-news.com – Pada penanaman pohon ke 150 oleh penggiat Gerakan Tanam Pohon (GTP) ada hal unik yang terlihat.

Hal yang unik tersebut adalah penanaman pohon yang dilakukan oleh GTP serta komunitas lain yang peduli akan lingkungan bersamaan dengan pelaksanaan kampung dongeng yang di motori oleh Heri Cahyono di Kelurahan Panaragan Kidul, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (17/9).

Sebelum melaksanakan penanaman pohon terlihat salah satu inisiator GTP, Heri Cahyono memberikan buku buku, yang rencananya akan diberikan kepada anak anak yang membutuhkan.

Menurut Heri, buku buku tersebut berasal dari buku buku ke dua anaknya yang sudah tidak terpakai.

“Buku buku tersebut punya kedua anak saya, mungkin anak anak yang mengikuti kampung dongeng bisa memanfaatkan kannya,” kata Heri.

Selain itu menurut wakil ketua dprd kota bogor ini, anak anak berusia dini juga perlu diberikan pemahaman akan pentingnya menjaga lingkungan, sehingga kegiatan GTP perlu disandingkan dengan anak anak penggiat kampung dongeng.

Dikatakan Heri, pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, khususnya meletakkan sampah pada tempatnya perlu diajarkan kepada anak sejak dini.

Pembentukan karakter “green kids”, katanya, akan membuat anak terbiasa menjaga lingkungan sejak usia dasar dan berdampak pada kebersihan lingkungan masyarakat dan negara.

Ditambahkan Heri, kini tradisi mendongeng di kalangan anak-anak Indonesia menurun seiring dengan maraknya permainan-permainan modern masa kini, oleh sebab itu, perlu digalakkan dongeng kepada anak di usia dini.

Baca Juga: Pohon Sukun yang Ditanam GTP Selama 1,5 Tahun Terlihat Tumbuh Kekar

Sementara ketua kampung dongeng bogor raya, Kak Ansori menjelaskan, dongeng adalah cerita legenda di suatu daerah tertentu, baik berupa cerita rakyat, fabel, ataupun cerita lainnya. Dongeng merupakan tradisi nenek moyang kita dalam menanamkan nilai-nilai luhur kemasyarakatan kepada anak-anak tuturnya.

Selain cerita kata Kak Ansori, media juga dibutuhkan untuk dongeng, karena media dongeng tersebut dapat membentuk kecerdasan emosional dan karakter positif seseorang yang ditanamkan sejak kecil.

Tujuan dari kampung dongeng ini kata Kak Ansori, selain untuk menghibur, dapat juga untuk meningkatkan kesadaran anak-anak usia dini akan pentingnya menjaga lingkungan.(Iran G Hasibuan)

Tinggalkan Balasan