Supervisi Program Ketahanan Pangan, Kabaharkam Polri Kunjungi Kampung Tangguh Nusantara di Balikpapan

oleh -312 views
Kabaharkam Polri Komjen Pol. Agus Andrianto (kanan) bersama Kapolda Kaltim Irjen Pol. Herry Rudofl Nahak saat melakukan panen raya tanaman Kangkung di Kampung Tangguh Nusantara Balikpapan.

BALIKPAPAN, Kamis (17/9/2020) suaraindonesia-news.com – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol Agus Andrianto, selaku Kepala Operasi Terpusat (Kaopspus) Aman Nusa II-Penanganan Covid-19, melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Timur, Kamis (17/9).

Dalam kunjungan kerjanya ke wilayah hukum Polda Kaltim, Kabaharkam memberikan pengarahan dalam rangka supervisi Operasi Aman Nusa II di Mapolda Kaltim.

Usai memberikan pengarahan, Jenderal bintang tiga ini didampingi Kapolda Kaltim Irjen. Pol. Herry Rudofl Nahak, Kapolresta Balikpapan Kombes Pol. Turmudi dan rombongan langsung bergeser mengunjungi Kampung Tangguh Nusantara di Kelurahan Sumber Rejo, Kecamatan Balikpapan Tengah.

Di Kampung Tangguh ini, Kabaharkam Polri menggelar Bakti Sosial dengan melakukan penanaman bibit tanaman Apotek, dan Panen Raya Kangkung yang merupakan bagian dari program ketahanan pangan yang dicanangkan Polri.

Dalam acara Baksos ini Kabaharkam juga mendistribusikan bantuan 500 kg pupuk, 1.000 kg beras, dan 25.000 masker.

Khusus untuk bantuan masker akan dibagikan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Masker didistribusikan melalui Danramil, Kapolsek, Camat, dan tokoh masyarakat.

“Program ketahanan pangan merupakan tindak lanjut dari yang dilaksanakan Kapolri dan Panglima TNI untuk menggelorakan ketahanan pangan karena dampak Covid-19. Khusus di jajaran Polri, Kapolri mengintruksikan kepada seluruh Kapolda dan Kapolres untuk membuat terobosan ketahanan pangan di seluruh Indonesia,” ujar Kabaharkam.

Dia menjelaskan, kedatangannya ke Polda Kaltim adalah atas undangan Kapolda untuk supervisi ketahanan pangan di Kaltim, program yang sudah dilaksanakan sebagai turunan dari program pemerintah pusat.

“Pandemi Covid-19 ini dampaknya bukan hanya kesehatan tapi dampak lainnya juga ada, kita diambang resesi, dan Covid-19 ini adalah bencana nasional. Ini kejadian bukan yang biasa, jadi kita tidak bisa bekerja secara biasa-biasa saja, harus ekstra,” katanya.

“Mudah-mudahan harapan pemerintah pusat bisa diimplikasikan di seluruh Indonesia, terutama di Kaltim. Kaltim bisa bantu Indonesia menjadi Indonesia yang sehat, Indonesia yang bisa berdiri dengan kaki sendiri,” harapnya.

Sementara itu, Gubernur Kaltim, Isran Noor, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kabaharkam Polri atas kunjungan dan arahannya kepada masyarakat.

Menurut Isran Noor, hal itu dapat menjadi gambaran bagaimana pihak kepolisian mengembangkan dan membangun ketahanan pangan nasional dalam menghadapi Covid-19.

“Sejak dulu kondisi Kamtibmas di Kaltim secara umum relatif kondusif, tidak pernah terjadi konflik sara, dan perannya terhadap bangsa cukup besar sebagai penghasil devisa negara terutama dari sumber daya alam, sampai bulan Juni nilai ekspor kita surplus karena pertumbuhan itu dibentuk oleh konsumsi, investasi, dan nilai ekspor,” ungkap Isran Noor.

“Kedatangan Kabaharkam adalah sebuah berkah di sini. Mudah-mudahan upaya seperti ini terus dikembangkan,” tandasnya.

Reporter : Fauzi
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *