Selama 2019, Atlet Kota Batu Sumbangkan 296 Medali

oleh -37 views
Suasana rapat anggota KONI kota Batu tahun 2019 yang berlangsung Sabtu (21/12/2019).

KOTA BATU, Sabtu (21/12/2019) suaraindonesia-news.com – Komite Nasional Indonesia (KONI) Kota Batu memuji keberhasilan atlet kota Batu yang telah berhasil menyumbangkan 296 medali selama tahun 2019, baik pada kejuaraan tingkat Provinsi Jatim, Nasional hingga internasional.

“Tahun ini kita juga melahirkan dua medali juara dunia dari kejuaraan resmi, yakni dari Cabang Olahraga Paralayang dan Wushu yang menang lewat nomor Tayo yang diselenggarakan oleh Federasi Wushu Internasional di China atas nama atlet Ersalina,” ujar Ketua Umum KONI Kota Batu, M Mahfud saat ditemui disela-sela rapat anggota tahunan KONI Kota Batu, Sabtu (21/12/2019) di Hotel Kartika Wijaya Kota Batu.

Rinciannya, pada kejuaraan tingkat Provinsi, kata Mahfud, ada 18 cabang olahraga yang berprestasi. Mereka mendapatkan 39 medali emas, 62 perak dan 72 perunggu dengan total perolehan medali tahun 2019 ini sebanyak 173 medali.

“Dalam Porprov ranking perolehan medali hanya naik satu tingkat, pada kejuaraan daerah, nasional dan internasional menunjukkan prestasi yang signifikan,” ungkap Mahfud.

Sedangkan ditingkat nasional ada 8 Cabor yang menyumbangkan medali dari Kejuaraan Nasional dengan rincian 38 medali emas berhasil diraih atlet Kota Batu, 14 perak, 28 perunggu dengan total perolehan sebanyak 80 medali.

Ditingkat internasional, atlet Kota Batu juga berjaya dengan mengumpulkan 11 keping medali emas, 19 perak dan 13 perunggu dengan total medali sebanyak 43 medali yang didapatkan oleh 4 cabang olahraga.

Sementara itu ia juga menyinggung terkait Rapat Anggota Tahunan KONI kota Batu 2019 sekarang dilaksanakan adalah sebaga amanah Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD ART) KONI Kota Batu.

“Rapat Anggota Tahunan ini merupakan amanah dari AD ART dimana seluruh program kerja KONI Kota Batu dan Cabang Olahraga tahun 2020 disusun,” ujar Mahfud.

Rapat Anggota Tahunan ini akan dilaksanakan selama dua hari, yakni mulai Jumat (20/12/2019) hingga Sabtu (21/12/2019). Peserta kegiatan ini adalah pengurus KONI Kota Batu dan 32 Cabor.

Beberapa program dibahas dalam Rapat Anggota Tahunan ini, antara lain Laporan Pertanggungjawaban Kegiatan Pengurus KONI tahun 2019, Penetapan Program tahun 2020, dan penetapan pelaksanaan PORKOT tahun 2020.

“Sesuai dengan aturan, pelaksanaan Pekan Olahraga Kota harus sudah ditetapkan satu tahun sebelum pelaksanaan, kita rencanakan PORKOT tahun 2020 akan kita laksanakan pada bulan Oktober 2020, jadi harus ditetapkan tahun ini,” jelas Mahfud.

Dalam Rapat Anggota Tahunan tersebut juga akan dilaksanakan penerimaan anggota baru yakni 3 Cabang Olahraga (Cabor) baru, yakni Perbakin, Pordasi dan SIWO PWI.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap prestasi atlet, pada kegiatan yang sama, KONI Kota Batu juga menyerahkan penghargaan untuk 122 atlet dan 18 pelatih berprestasi tahun 2019 dalam berbagai kejuaraan yang dilaksanakan di Jawa Timur diluar PORPROV, Kejurda dan Kejurnas.

“Kita juga memberikan penghargaan atlet terbaik kategori senior putra dan putri serta atlet yunior putra dan putri,” ujar Ketua Panitia Rapat Anggota Tahunan 2019, Safarudin Rosul.

Menurut Safarudin, atlet terbaik adalah atlet yang paling banyak berprestasi di tingkat daerah, provinsi, nasional maupun internasional. Tujuan dari pemberian penghargaan ini adalah sebagai penghargaan atas prestasi yang didapatkan selain untuk memotivasi atlet lain agar terus berprestasi.

Reporter : Adi Wiyono
Editor : Amin
Publisher : Oca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *