Sekda Tanjab Barat Hadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

oleh -162 views
Sekda Tanjab Barat Ir. H. Agus Sanusi, M. Si (tengah) saat mengikuti peringatan hari lahir Pancasila secara virtual di Balai kantor Bupati Tanjab Barat.

TANJAB BARAT, Selasa (01/06/2021) suaraindonesia-news.com – Peringatan hari lahir Pancasila yang dilakukan secara virtual di balai pertemuan kantor Bupati, dihadiri Sekda Tanjab Barat Ir. H. Agus Sanusi, M. Si dengan didampingi Forkopimda, ketua DPRD Tanjab Barat, Staf Ahli, asisten, serta Para Kepala OPD serta Kodim, Kapolres dan Kejaksaan.

Presiden RI Joko Widodo selaku inspektur upacara hadir secara langsung di tempat upacara Istana Bogor, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo di Gedung MPR RI yang akan membacakan Teks Pancasila. Sementara Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dari kediamannya.

Peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun ini mengambil tema ‘Pancasila dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh’.

Presiden RI Joko Widodo Mengatakan, Peringatan Hari Kelahiran Pancasila harus benar – benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara.

“Namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidak semakin ringan, Globalisasi dan interaksi antar belahan Dunia tidak semata mata meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan, yang harus kita waspadai adalah meningkatkan nya rivalitas dan kompetensi termasuk rivalitas antar pandangan, Nilai-nilai dan ideologi,” kata Presiden.

“Pancasila harus menjadi pondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkeindonesian,” ujar Presiden

Presiden mengajak kepada seluruh Aparat Pemerintah, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Para Pindidik, Kaum Profesional, Kaum Milenial serta masyarakat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh Nilai-Nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju yang Kita Cita-Citakan.

Acara peringatan Hari Lahir Pancasila dilakukan secara daring (online) oleh Wakil Presiden, pimpinan lembaga tinggi negara, lembaga negara, kementerian/lembaga, pemerintahan daerah provinsi, kabupaten/kota, perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, dan para tokoh lainnya di masing-masing wilayah.

Reporter : Yatib/Erham
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan