Sebagai Ungkapan Rasa Syukur, Pemkab Sumenep Gelar Rokat Tase’

oleh -164 views
Penampilan tarian nasional saat acara rokat tase' di pelabuhan Pasongsongan, Sumenep, Madura.

SUMENEP, Minggu (24/11/2019) suaraindonesia-news.com — Masyarakat pesisir pantai utara tepatnya di Desa Pasongsongan bersama pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar rokat tase’ (petik laut).

Rangkaian Visit Sumenep 2019, yang bertemakan “Gelar Tradisi Masyarakat Pesisir Berseri” ini dihadiri Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi SH, Sekdakab Edy Rasyadi, Dandim 0827 Sumenep Letkol Inf Ato Sudiatna, Kajari Sumenep, dan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda).

Selain itu juga terlihat hadir, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pemprov Jawa Timur, dan Pejabat Kementerian Kelautan. Pimpinan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan camat. Sementara masyarakat antosias memadati lokasi kegiatan untuk menyaksikan pagelaran ini.

Kegiatan rokat tase’ ini mempertontonkan berbagai seni budaya mulai dari saronen, musik tongtong, dan tarian nasional tentang nelayan. Tak hanya itu, topeng dalang juga ikut memeriahkan kegiatan yang diprakarsasi Dinas Perikanan Kota Sumekar ini.

Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi menerangkan hikmah rokat tase’ memiliki hikmah penting sebagai ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa di sektor kelautan.

“Betapa pentingnya potensi maritim Sumenep yang sangat luar biasa ini, harus dijadikan motifasi dalam rangka mengangkat harkat dan martabat para nelayan di Kabupaten Sumenep ini,” tuturnya.

Sebagai salah satu upaya pemerintah, lanjut Fauzi, dalam meningkatkan kesadaran publik akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan khususnya dilikungan maritim.

“Dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya saling menjaga lingkungan hidup khusunya dilingkungan maritim,” lanjut dia.

Usai kegiatan kesenian yang menghibur masyarakat, juga dilakukan pelarungan benih ikan sebagain bentuk pelestarian alam maritim.

Reporter : Halis
Editor : Amin
Publisher : Oca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *