Sambut HUT BPJS Kesehatan Ke-49, Ini Kegiatan BPJS Cabang Gunungsitoli dan Dinkes Nias

HUT BPJS Kesehatan Ke-49

NIAS, Kamis (13 Juli 2017) suaraindonesia-news.com – Dalam rangka dukungan BPJS Kesehatan terhadap Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang berfokus pada upaya promotif preventif terutama terhadap peserta Jaminan Kesehatan Nasional. Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) BPJS Kesehatan ke-49, maka BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli Bekerjasama Dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Nias melalui UPT Puskesmas Hiliweto Gido melakukan pemeriksaan IVA Untuk Mencegah Kanker Leher Rahim, Kamis (13/7).

Dalam sambutannya, Kepala BPJS Cabang Gunungsitoli, Rudhy Suksmawan Hardhiko menjelaskan bahwa bulan ini kita akan menyelenggarakan Bulan Deteksi Dini Kanker Serviks bagi peserta JKN-KIS diseluruh Indonesia mulai tanggal 13 Juli s/d 31Juli 2017 dan gratis.

Pelaksanaan kegiatan deteksi dini melalui IVA/Papsmear ini adalah merupakan salah satu upaya unggulan untuk menekan prevalensi kanker serviks pada peserta JKN-KIS.

Untuk mewujudkan hal tersebut, BPJS Kesehatan menyediakan jaminan layanan deteksi dini kanker serviks kepada seluruh perempuan usia produktif yang telah menjadi peserta JKN-KIS baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama untuk pemeriksaan IVA Test dan Laboratorium yang bekerjasama untuk pemeriksaan Papsmear.

“Jika setelah diperiksa dan peserta memerlukan penanganan lebih lanjut, maka akan dirujuk sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku,” ujar Rudhy.

Sebagai informasi, kanker serviks tidak menimbulkan gejala dan sulit terdeteksi pada stadium awal.

Oleh karena itu sebaiknya lakukan skrining kesehatan melalui layanan kesehatan deteksi dini yang disediakan BPJS Kesehatan seperti kegiatan hari ini.

Rudhy menghimbau kepada seluruh peserta JKN-KIS untuk melakukan deteksi dini di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) atau sarana penunjang lain yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Selain itu, BPJS Kesehatan juga telah bekerja sama dengan 5.443 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang terdiri atas 2.175 Rumah Sakit (termasuk di dalamnya 181 Klinik Utama), 2.270 Apotek, serta 998 Optik.

Masih di acara yang sama Kadis Kesehatan Kabupaten Nias, Marthin L Harefa, SKM, M.Kes dalam sambutannya menyambut baik upaya BPJS Kesehatan atas kesediaannya untuk memusatkan pencanangan pemeriksaan Dini Kanker leher rahim tersebut di Wilayah Kabupaten Nias secara khusus di Kecamatan Gido.

Lanjutnya, Kadis juga mengajak masyarakat Nias khusus para kaum Wanita untuk mau memeriksakan diri di Puskesmas puskesmas terdekat di wilayahnya

Dalam acara tersebut Wakil Bupati Nias, Arosokhi Waruwu, SH, MH membuka secara resmi Pemeriksaan IVA Untuk Mencegah Kanker leher Rahim tersebut yang ditandai pemotongan pita

Dalam arahannya, Wakil Bupati Nias mengucapkan terimakasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Gunungsutoli karena sudah peduli kesehatan para kaum Hawa di Kabupaten Nias

“Kami mengajak masyarakat Nias untuk selalu rutin memeriksakan kesehatan dini seperti pemeriksaaan IVA tanpa merasa malu karena kesehatan sangat penting pada setiap keluarga kita,” tegasnya.

Dari pantauan awak media ini Ratusan masyarakat mendatangi UPT Puskesmas Hiliweto Gido untuk mengikuti sosialisasi tentang Kanker Serviks yang di sampaikan oleh dr. Alexia serta sekaligus Lakukan Pemeriksaan IVA Untuk Mencegah Kanker Rahim.

Hadir pada acara tersebut, Wakil Bupati Nias, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Gunungsitoli, Kadis Dinas Kesehatan Kabupaten Nias, Camat Gido, Kepala Puskesmas Gido, para dokter, perawat, bidan serta masyarakat dari kaum perempuan yang mau memeriksakan kesehatannya. (T2g).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here