Rumah Jokowi Jember Bersiap Dirikan PosLink GA Covid-19

oleh -120 views
Koordinasi pendirian Poslink GA Covid-19 bersama para kades. (Foto: Guntur Rahmatullah).

JEMBER, Rabu (30/9/2020) suaraindonesia-news.com – Dewan Pengelola Cabang (DPC) Rumah Jokowi akan mendirikan Pos Lingkungan (PosLink) Gerakan Anti Covid-19 (GA Covid-19) di masing-masing desa dan kelurahan di Kabupaten Jember.

Sebagai langkah awal, DPC Rumah Jokowi Jember berkoordinasi dengan para kepala desa di Kecamatan Jombang, Kencong, Gumukmas dan Tanggul.

“Untuk awal, malam ini kami berkoordinasi dengan 10 kepala desa, selanjutnya akan kami undang seluruh desa-desa serta kelurahan lainnya untuk kolaborasi,” jelas Ketua DPC Rumah Jokowi Jember, Bobby Rahadyan pada Selasa (29/9) malam.

Poslink GA Covid-19 adalah Pos setingkat RT/RW dalam wilayah Desa dan Kelurahan, yang berfungsi sebagai pusat edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat terkait pencegahan Covid-19 dan pemulihan ekonomi masyarakat.

Beberapa kegiatan dalam Poslink di antaranya sosialisasi pencegahan Covid-19, memberi penyadaran tentang pentingnya memakai masker, pembagian handsanitizer dan masker, minum jamu, senam, dan memberdayakan masyarakat dalam rangka ketahanan ekonomi di tingkat bawah.

“Untuk menyukseskan gerakan kebaikan ini, kami bekerjasama dengan beberapa kementerian dan stakeholder,” sambung Bobby.

Poslink GA Covid-19 nantinya tidak hanya berfokus pada penanganan kesehatan dan ekonomi, tetapi juga sebagai sarana komunikasi masyarakat kepada pemerintah daerah dan pusat (bottom-up communication).

“Apa yang dikeluhkan masyarakat, akan kami sambungkan dengan pemerintah pusat dan daerah,” kata Bobby.

Sementara Kepala Desa Paseban, Lasidi Agung Santosa sangat mendukung program GA Covid-19, tidak hanya sebagai penanganan Covid-19 namun juga sebagai penghubung kepada pemerintah daerah dan pusat.

“Persis apa yang disampaikan bapak Jokowi Presiden kita, bahwa membangun Indonesia dimulai dari pinggiran (dari desa) itulah yang betul-betul harus direalisasikan,” kata Lasidi.

Dia berharap melalui Rumah Jokowi ini dapat menyukseskan nawacita Presiden Jokowi.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *