Rekapitulasi Calon Perseorangan Baru Selesai Dua Kecamatan

Ilustrasi

SAMPANG, Rabu (27/12/2017) suaraindonesia-news.com – Rekapitupasi ditingkat kecamatan untuk pasangan bakal calon perseorangan Riko-Wasil masih terus dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang. Sementara proses verifikasi faktual untuk bakal calon perseorangan sudah dilakukan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) sejak tanggal 12 hingga 25 Desember 2017.

“Sekarang sudah dua kecamatan dari 14 kecamatan yang sudah selesai rekapitulasi verifikasi faktual untuk paslon perseorangan. Yang selesai yaitu Kecamatan Robatal dan Kedungdung, kalau yang kecamatan lainnya kami masih belum konfirmasi. Proses rekapitulasi ini akan dilakukan hari ini hingga 28 Desember mendatang,” ucap Ketua KPU Sampang, Syamsul Muarif.

Lanjut Syamsul Muarif, pihaknya juga belum mengetahui pasti seberapa banyak dokumen dukungan yang sudah tercoret saat verifikasi faktual. Karena sebelumnya tersisa sebanyak 58.023 dokument dukungan setelah dilakukan verifikasi administrasi.

Masih menurut Syamsul, yang jelas ada pengurangan dari sebelumnya setelah verifikasi administrasi, tapi kami tidak tahu seberapa banyak berkurangnya, masih nunggu semuanya direkap. Kemudian setelah dilakukan berita acara, sebenarnya sudah bisa dijadikan syarat pencalonan meski tidak mencapai batas minimal pendaftaran yaitu sebanyak 60.410 dukungan.

“Asalkan nanti setelah melakukan pendaftaran harus dilakukan perbaikan yakni harus memenuhi dua kali dari kekurangannya. Semisal kurang 30 ribu maka paslon perseorangan ini harus mengumpulkan sebanyak 60 ribu dukungan,” paparnya.

Baca Juga: Rekrut Ribuan Petugas Untuk Pemutakhiran Data Pemilih – 

Di sisi lain pihaknya menyatakan, apabila tim Riko-Wasil masih berkehendak mencalonkan diri, maka dipastikan timsesnya akan mengumpulkan kekurangan dukunganya dan sebaliknya.

“Kalau masih optimis pasti dipenuhi, ya kalau sudah dikira tidak sanggup, ya tidak usah daftar dan tidak perlu mencari dukungan lagi,” tandasnya.

Sementara Riko Sebastian Arista belum dikonfirmasi mengenai kesanggupannya. Dihubungi melalui selulernya belum ada jawaban meski terdengar aktif.

Sekadar diketahui, sebelumnya paslon Riko-Wasil menyerahkan sebanyak 62.013 dukungan ke KPU Sampang. Namun, setelah diverifikasi administrasi, sebanyak 3.990 dukungan dinayatakan tidak memenuhi syarat sehingga menjadi 58.023 dukungan.

Reporter : Nor/Fer
Editor : Amin
Publisher : Tolak Imam


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here