Ratusan Cakades di Jember Ikut Deklarasi Damai

Ratusan cakades saat mengucapkan ikrar damai. (Foto: Humas Pemkab Jember)

JEMBER, Senin (2/9/2019) suaraindonesia-news.com – Pemilihan kades di 161 Desa yang ada di Jember, Jawa Timur, tinggal hitungan hari. Tahap pertama pilkades yang digelar pada 5 September mendatang akan diikuti oleh 45 Desa di 7 Kecamatan wilayah Jember Timur dan utara.

Sedangkan tahap kedua akan digelar pada 12 September dengan diikuti 37 Desa dari 6 kecamatan, tanggal 19 September terdiri dari 40 Desa dari 7 kecamatan, selanjutnya 26 September akan diikuti oleh 39 Desa dari 8 Kecamatan.

Untuk menyukseskan pilkades damai dan kondusif, Senin (2/9/2019) sedikitnya 508 calon kepala Desa dari 161 Desa yang ada di Jember menggelar deklarasi damai di aula PB. Sudirman Pemkab Jember dengan disaksikan oleh seluruh badan perwakilan Desa, camat, kapolsek, danramil, serta Forpimka.

“Hari ini kami gelar deklarasi damai untuk seluruh calon kepala Desa yang akan berkompetisi di pilkades mendatang. Deklarasi ini untuk mewujudkan semangat dari semua elemen masyarakat, sekaligus sebagai wadah silaturahmi antar calon kepala Desa,” ujar Bupati Jember Faida.

Bupati Faida berharap, dengan adanya deklarasi damai ini, tidak ada perpecahan dan menjaga persatuan antar pendukung.

“Momen ini adalah momen yang bersejarah karena semua pihak yang turut hadir dalam deklarasi ini adalah saksi untuk penegakan dan pembangunan demokrasi di Kabupaten Jember,” ujarnya.

Salah satu calon kepala desa (cakades) Desa Tutul, Kecamatan Balung, Juana, kepada media ini di sela-sela deklarasi mengatakan bahwa dengan adanya komitmen bersama ini, seluruh calon bisa menerima apapun hasilnya.

“Deklarasi ini sangat bagus dan kami berharap seluruh calon kepala Desa yang akan bertarung merebut suara warganya bisa komitmen sesuai dengan deklarasi yang dibaca hari ini. Seluruh calon siap menjaga kondusivitas desanya masing-masing. Siap kalah dan siap menang,” ujar cakades yang juga petahana Desa Tutul.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Mariska

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here