PT Askrindo Gelar Seminar Nasional dan Pelatihan PAUD, Ini Tujuannya

Poto : Ahmad Faisal selaku kepala biro umum yang mewakili PT. Askrindo menerima penghargaan dari Kepala Dinas Pendidikan Aceh, bapak Syaridin M.Pd. (M. Habil Syah/SI)

DELI SERDANG, Minggu (28/07/2019) suaraindonesia-news.com – PT. ASKRINDO salah satu perusahan BUMN yang bergerak dalam bidang jasa keuangan dan asuransi, selama ini dikenal sangat peduli dengan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), menyelenggarakan Seminar Nasional dan Pelatihan bertema “Bersama Guru PAUD membangun Negeri, Mengembangkan PAUD Holistik Integratif”.

Seminar dan pelatihan ini terlaksana berkat kerjasamanya dengan PAUD Institute, dan pelaksanaan di lapangan didukung program pendidikan PIAUD UIN Ar Raniry. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Dinas Pendidikan Provinsi Aceh, dihadiri langsung Kepala Biro Umum Ahmad Faisal sebagai perwakilan PT. Askrindo, Dr. Dyah Erti Idawati, M.T Bunda PAUD Provinsi Aceh, Kepala Dinas Pendidikan Aceh Syaridin, M.Pd, Warek III Ar Raniry Dr. Saifulloh, M.Ag.

Seminar ini di hadiri dua narasumber dari Jakarta, Dhanang Sasongko, A.Md., S.Psi sebagai Direktur PAUD Institute dan Lia Latifah, S.E,. M.Pd sebagai pengelola KB-TK Quantum di Jakarta.

Sebanyak 315 guru PAUD hadir sebagai peserta dan seluruh peserta mendapatkan sertifikat,selain makan siang, snack dan seminar kits.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin dalam sambutannya sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada PT Askrindo yang memilih prop. Aceh sebagai tempat penyelenggaraan Seminar Nasional ini.

“Kami berterima kasih kepada Askrindo, atas dukungan penuh yang diberikan, sehingga acara ini terlaksana, dan berlangsung sukses. Diimplementasikan di lembaga PAUD nya masing masing,” terangnya.

Ahmad Faisal, selaku perwakilan dari PT. Askrindo, pada sambutannya menyatakan bahwa untuk menjamin pemenuhan hak tumbuh kembang anak usia dini, diperlukan upaya peningkatan kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, perlindungan, kesejahteraan dan rangsangan pendidikan yang dilakukan secara simultan, sistematis, menyeluruh, terintegrasi dan berkesinambungan, satuan PAUD memiliki peranan yang sangat strategis dalam upaya pemenuhan kebutuhan anak tersebut melalui kerjasama lintas sektor dengan sektor-sektor terkait.
“Keberadaan guru PAUD dalam proses pembelajaran di kelas sangatlah penting, karenanya harus memiliki kompetensi yang cukup sehingga mampu memberikan yang terbaik bagi anak anak didiknya sehingga dapat tumbuh kembang secara maksimal,” terangnya.

Ia menambahkan, bahwa kegiatan ini diadakan sebagai wujud perhatian PT. Askrindo terhadap para guru PAUD selama ini haus akan ilmu dan sangat membutuhkan pelatihan berkualitas untuk menambah bekal dalam mengajar di kelas.

“ini adalah bentuk sumbangsih kami dari Askrindo, memberikan pelatihan gratis buat Guru PAUD sebagai upaya membantu program pemerintah membangun pendidikan yang berkualitas bagi anak bangsa di manapun berada,” tuturnya.

Pada sesi seminar, Dhanang Sasongko sebagai direktur PAUD Institute penyampaiannya bahwa selain kemampuan dalam hal mengelola pembelajaran didalam kelas, guru PAUD juga harus mampu membangun komunikasi yang baik dengan para orang tua murid, memberikan bekal pola pengasuhan di rumah sehingga proses pembelajaran dapat terintegrasi dengan baik, memberikan makanan yang sehat dan bernutrisi dalam rangka mendukung tumbuh kembang anak usia dini.

Dhanang Sasongko selain aktif di PAUD Institute juga aktif diaktivis anak sebagai Sekjen Komnas Perlindungan Anak pusat, menambahkan pentingnya guru dan orang tua membekali anak-anaknya terhindar dari kekerasan yang kini tengah marak terjadi.

“Guru, orang tua dan masyarakat harus mampu menciptakan lingkungan bermain anak anak yang aman, nyaman, saling peduli dan selalu mengawasi kegiatan anak, sehingga bisa menghindari anak dari potensi ancaman membahayakan,” bebernya.

Lia Latifah sebagai nara sumber kedua mengatakan, pengajar PAUD Institute menitikberatkan pada hal teknis pembelajaran di dalam kelas, seperti membuat rencana program pembelajaran tahunan, semester, mingguan sampai dengan harian, program penilaian perkembangan anak usia dini dan materi lainnya
Kemudian seminar ditutup oleh Dyah Erti Idawati, dalam kata penutupny. Guru PAUD untuk selalu memberikan makanan bergizi agar anak anak dapat tumbuh kembang secara optimal.

“Anak anak didik kita harus diajarkan pola hidup sehat dan bersih, tercukupi nutrisi, protein serta vitamin, membangun budaya makan sehat agar menjadi kebiasaan sampai mereka dewasa kelak,” ujarnya.

Sampai akhir acara, peserta tetap setia mengikuti kegiatan tersebut, karena menganggap materi yang disampaikan dalam seminar ini benar benar bermanfaat bagi bekal tugas mereka sebagai pendidik.

Seorang peserta dari menyatakan jika dirinya berterima kasih diikutsertakan dalam seminar ini, dan kami beruntung mendapatkan kesempatan yang luar biasa, karena narasumber yang menyampaikan sangat komunikatif dan menguasai sehingga materi mudah dicerna, terlebih panitia yang terdiri dari para dosen dan mahasiswa PIAUD Ar Raniry sangat ramah melayani para peserta.

Reporter : M. Habil Syah
Editor : Amin
Publisher : Mariska


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here